Sejuknya Curug Cilengkrang Bandung

0
3533

Destinasi Bandung – Air terjun atau curug masih menjadi tempat destinasi wisata favorit banyak orang. Mungkin banyak yang belum mengetahui di kawasan Bandung Timur tepatnya di daerah Ujung Berung kota Bandung terdapat air terjun atau curug yang masih alami.Untuk Anda yang hobi menghabiskan waktu bersama keluarga dengan berjalan – jalan ke tempat yang sejuk atau ingin kemping tidak ada salahnya mengunjungi Curug Cilengkrang.

Curug Cilengkrang merupakan satu kawasan wisata yang berada di kawasan Gunung Manglayang (+1800 m dpl) yang terletak di Desa Cilengkrang, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Curug Cilengkrang merupakan obyek wisata yang dikelola Perum Perhutani PH Unit 3 Bandung Utara dan masyarakat setempat. Curug cilengkrang berjarak 10 km dari kota Bandung. Salah satu jalan yang bisa Anda ambil untuk mencapai Curug Cilengkrang adalah dari arah Jl. A. H Nasution di Km 12 sebelah timur alun-alun Kecamatan Ujung Berung Bandung. Kemudian masuk ke jalan Cilengkrang I. Dari ujung jalan tersebut, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 10 kilometer untuk mencapai pintu masuk menuju air terjun. Sepanjang 7 kilometer pertama adalah dari ujung jalan hingga Kantor Desa Cilengkrang, ditambah 3 kilometer berikutnya untuk mencapai pintu masuk.

Curug Cilengkrang ini berupa rangkaian air terjun dalam rentang 2 kilometer di sepanjang aliran Sungai Cihampelas. Sungai ini mengikuti alur lembah Gunung Manglayang dari utara ke selatan. Di kawasan ini setidaknya enam air terjun dengan ketinggian bervariasi, 3-10 meter. Oleh warga setempat, air terjun itu pun diberi nama (berurutan dari hilir), yaitu Curug Batupeti, Curug Papak, Curug Panganten, Curug Kacapi, Curug Dampit dan Curug Leknan. Penamaan air terjun berasal dari bentuk bongkahan batu hasil lava karena proses alam dan membentuk air terjun tersebut.

Comments

Komentar Disini