Service Bukan di Gerai Resmi, Garansi Produk Apple Tidak Hangus

0
33
Ilustrasi service Iphone / Destinasi Bandung

Destinasi Bandung-Service Bukan di Gerai Resmi, Garansi Produk Apple Tidak Hangus . Bagi Anda para pengguna brand Apple, seperti iPad atau iPhone, kini tidak perlu khawatir jika gadget tersebut rusak. Pasalnya, apabila produk tersebut rusak bisa bebas membawanya ke berbagai gerai servis non-resmi tanpa membuat hangus garansi Apple.

Sesuai dengan kebijakan yang baru saja diterapkan oleh Apple. Perusahaan asal Cupertino, AS itu telah menghapus syarat klaim garansi yang dulu mewajibkan pengguna untuk menyervis perangkat di teknisi resmi Apple.

Hal tersebut seperti dilansir dari Techtimes, Selasa (28/2/2017), kebijakan baru itu memperbolehkan pengguna menyervis gadget miliknya ke teknisi non-Apple dan tetap mendapatkan perlindungan garansi.

Tentu saja, garansi tersebut masih akan tetap diperoleh jika gadget masih dalam periode perlindungan, baik dalam rentang satu tahun pasca pembelian atau sesuai dengan durasi extended Apple Care warranty.

Tetapi, ada syarat lain yang mesti dipenuhi pengguna. Apple meminta agar perangkat yang diservis teknisi non-resmi tersebut masih utuh dan tidak ada komponen yang berubah.

Selain itu, apabila pengguna mengklaim garansi, pegawai Apple akan mengecek apakah pernah dilakukan perbaikan oleh teknisi non-resmi. Mereka juga mencari tanda-tanda apakah teknisi itu melakukan perubahan atau merusak komponen tertentu.

Jika ternyata ada komponen yang rusak atau berubah diakibatkan tindakan teknisi non-resmi, maka garansi akan hangus. Namun jika tidak ditemukan tanda-tanda apa pun, maka pengguna bisa tetap mengklaim garansi resmi Apple.

Hingga saat ini masih belum jelas hal apa yang menjadi pemicu perubahan kebijakan tersebut. Namun perlu diketahui selama ini antrean servis perangkat Apple cukup panjang, dan pelanggan telah lama mengeluhkan ongkos servis di Apple Store yang dinilai sangat mahal.

Sementara itu, rata-rata teknisi non-resmi menawarkan perbaikan perangkat Apple dengan harga yang jauh lebih murah. Perbedaan harga ini terutama akan terasa saat pengguna mesti memperbaiki layar iPhone.

Sampai saat ini masih belum jelas hal apa yang menjadi pemicu perubahan kebijakan tersebut. Namun perlu diketahui selama ini antrean servis perangkat Apple cukup panjang, dan pelanggan telah lama mengeluhkan ongkos servis di Apple Store yang dinilai sangat mahal.

Sementara itu, rata-rata teknisi non-resmi menawarkan perbaikan perangkat Apple dengan harga yang jauh lebih murah. Perbedaan harga ini terutama akan terasa saat pengguna mesti memperbaiki layar iPhone.

Comments

Komentar Disini