STP Gelar FGD Wujudkan Jabar Sebagai Destinasi MICE Internasional

0
21

Destinasi Bandung– STP Gelar FGD Wujudkan Jabar Sebagai Destinasi MICE Internasional. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) bekerjasama dengan DPD GIPI (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia) Jawa Barat melaksanakan kegiatan “Focus Group Discussion” (FGD) MICE dengan tema “Strategi & Program Mewujudkan Jawa Barat sebagai Destinasi MICE Internasional” pada tanggal 12 November 2019 di STPB.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung program Pemerintah Provinsi Jawa Barat yaitu “Menjadikan Pariwisata sebagai Lokomotif Ekonomi Jawa Barat dan menjadikan Jawa Barat sebagai Provinsi Pariwisata”.

Adapun pembicara yang memberikan materi pada kegiatan ini adalah Dr. H. Dedi Taufik Kurohman, M.Si (Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat), Dr. Iendra Sofyan, ST. M.Si (Kepala Bidang Perekonomian & SDA BAPPEDA Provinsi Jawa Barat), Herman Rukmanadi (Badan Promosi Pariwisata Provinsi Jabar/Bhara Tours), Wisnu Budi Sulaeman (Wakil Ketua Tim Percepatan Wisata MICE/Puntama Convex), Farid Patria (GM Trans Luxury Hotel), Faisal MM.Par., CHE (Ketua STPB), Bayu Hari (Pemimpin Redaksi Venue Magazine) dan Herman Muchtar (Ketua DPD GIPI Provinsi Jawa Barat).

Kegiatan ini dihadiri oleh 100 peserta yang berasal dari unsur pentahelix Pariwisata & MICE di Jawa Barat, seperti Pemerintah, Akademisi, Industri, Asosiasi/Organisasi dan Media. Peserta yang hadir dari unsur pemerintah adalah : DPRD Provinsi Jabar, DPRD Kota Bandung, Dinas Pariwisata & Kebudayaan Jawa Barat, Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kota Bandung, BAPEDDA Jawa Barat, BAPEDDA Kota Bandung, BPS Jawa Barat, DPMPTSP Jabar, Asisten Daerah 2 Kota Bandung, Imigrasi Kota Bandung. Sementara peserta yang hadir dari Asosiasi & Organisasi adalah : GIPI Pusat, GIPI Jabar, PHRI Jawa Barat, PHRI Kota Bogor, ASPERAPI Jawa Barat, ASITA Jawa Barat, ASITA Kota Bogor, APJI Jawa Barat, ASPPI Jawa Barat, Badan Promosi Pariwisata Daerah Jawa Barat, Badan Promosi Pariwisata Daerah Kota Bandung, Badan Promosi Pariwisata Daerah Kab Bogor, Kadin Jawa Barat, Kadin Kota Bandung, IHGMA Jawa Barat dan ASTINDO Jawa Barat.

Dari unsur Akademisi hadir beberapa Kampus di Kota Bandung, yaitu Program Studi Manajemen Konvensi & Event STP Bandung, Politeknik Negeri Bandung, STIEPAR YAPARI AKTRIPA Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia dan P2PAR ITB.

Selain itu hadir pula beberapa Owner dan GM Hotel Berbintang 5 & 4 serta Venue Convention yang ada di Kota Bandung dsk, seperti Trans Luxury Hotel, Papandayan, Grand Pasundan, Grand ASrilia, Horison Ultima, Harris Hotel & Convention, Mason Pine, GH Universal, El Royale, Padma Grand Preanger, Bandung Convention Center, SABUGA. Sementara dari media ada Venue Magazine, Jelajah Nusae, dan Bisnis Indonesia.

Dari hasil diskusi selama FGD ini dihasilkan beberapa rekomendasi dalam bentuk strategi serta program yang nantinya akan menjadi dasar bagi semua unsur pentahelix untuk mewujudkan Jawa Barat sebagai destinasi MICE Internasional.

Comments

Komentar Disini