Sun Life Financial Indonesia Bantu Peningkatan Literasi Keuangan

0
38

Destinasi Bandung-Sun Life Financial Indonesia Bantu Peningkatan Literasi Keuangan. Mengecap pendidikan tertinggi, mendapat pelayanan kesehatan terbaik, dan mencapai kemapanan finansial adalah mimpi setiap orang, baik untuk pribadi ataupun keluarga. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum memiliki pemahaman terkait pengelolaan keuangan, khususnya proteksi dan investasi, sehingga memilih untuk menunda melakukan perencanaan keuangan untuk kenyamanan masa depan.
Terbukti, data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2017 menunjukkan bahwa indeks literasi asuransi di Indonesia masih menjadi tantangan terbesar bagi industri asuransi jiwa. Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan OJK pada 2016 menunjukkan masyarakat Indonesia yang memiliki tingkat literasi ‘baik’ terhadap industri asuransi relatif rendah. Indeks literasi asuransi hanya mencapai 15,76%, turun dari survei pada 2013 yaitu 17,84%. Sementara itu, tingkat utilitas mencapai 12,08%, tidak berubah jauh dari survei 2013 di angka 11,81%. Artinya, dari 100 orang Indonesia hanya 15 sampai 16 orang yang mengenal lembaga jasa keuangan asuransi dan hanya 12 orang yang sudah menggunakan jasa asuransi. Kondisi ini mendorong PT Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life”) untuk terus giat mengedukasi masyarakat, khususnya keluarga Indonesia tentang pentingnya mencapai kemapanan finansial, salah satunya melalui kampanye komunikasi #LebihBaik Sekarang yang hari ini resmi diluncurkan.

“Selama 23 tahun beroperasi di Indonesia, Sun Life telah mendampingi keluarga Indonesia dalam mewujudkan aspirasi masa depan yang mereka impikan. Tentunya kami ingin semakin banyak masyarakat yang juga merasakan manfaat dari perencanaan keuangan yang cermat untuk mencapai kemapanan finansial. Melalui kampanye #LebihBaik Sekarang, Sun Life mengajak masyarakat Indonesia untuk tidak lagi menunda dalam melakukan perencanaan yang tepat, demi meraih kualitas kesehatan, pendidikan, dan keuangan yang lebih baik untuk diri sendiri dan keluarga,” ujar Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia.

Dibekali pengalaman panjang dan kompetensi di industri asuransi dan finansial, Sun Life memahami literasi keuangan masyarakat dan pengelolaan keuangan bagi setiap keluarga Indonesia merupakan hal yang sangat penting, karena keluarga merupakan salah satu pilar perekonomian bangsa. Selain itu, sebagai unit terkecil dari masyarakat, keluarga memiliki fungsi untuk memperkenalkan dan menanamkan nilai baik pada individu, salah satunya terkait pengelolaan dan perencanaan keuangan.

Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M. Sc, Sosiolog sekaligus guru besar Sosiologi Universitas Indonesia menjelaskan, “Nilai atau values yang dianut individu, memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan seseorang, termasuk dalam melakukan perencanaan keuangan. Sistem nilai yang dianut individu akan menentukan sikap dan perilaku terhadap sesuatu, tak terkecuali dalam perencanaan finansial. Pengaruh budaya, agama, dan lingkungan menjadi faktor dalam terbentuknya sistem nilai dalam diri seseorang. Sebagai lingkungan sosial yang pertama dikenal individu, pengenalan nilai pertama kali diterima dari keluarga. Terkait pengelolaan keuangan, sikap dan perilaku yang diterapkan generasi saat ini belum bergerak jauh dari generasi sebelumnya, meski terjadi pergeseran pada peruntukan dan tujuan dari perencanaan keuangan itu sendiri.” Membandingkan generasi saat ini dengan generasi sebelumnya, keluarga muda saat ini cenderung senang menabung untuk tujuan jangka pendek dan enggan untuk berinvestasi jangka panjang. Padahal, dengan memahami dan mulai melakukan pengelolaan keuangan yang tepat, generasi ini tetap dapat menikmati gaya hidup masa kini tanpa mengabaikan kenyamanan hidup di masa datang.

“Menyadari perlunya melakukan upaya yang terus menerus dalam memberikan edukasi terkait finansial, memacu kami untuk berpikir kreatif dan beradaptasi dengan zaman dalam membekali pemahaman keuangan yang memadai kepada masyarakat luas khususnya generasi dan keluarga muda Indonesia. Kami mempersembahkan video web series bertajuk ‘Keluarga Surya’ sebagai sarana edukasi literasi keuangan yang dapat dengan mudah diakses masyarakat luas dalam konten visual digital dan mengusung genre komedi situasi yang sarat akan makna,” jelas Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia.

Video web series ini berkisah tentang kehidupan sebuah keluarga modern dengan berbagai isu sehari-hari, mulai dari pengelolaan Tunjangan Hari Raya (THR), perencanaan pendidikan keluarga hingga pentingnya menerapkan pola hidup sehat. Berdurasi sekitar 5 menit setiap episodenya, melalui 8 kisah Keluarga Surya, Sun Life ingin menyampaikan pesan pada keluarga muda Indonesia tentang pentingnya perencanaan keuangan, pentingnya pola hidup sehat dan penetapan strategi untuk masa depan lebih baik. Diperankan oleh aktor dan aktris muda bertalenta yaitu Edo Borne sebagai Ayah Surya, Karina Nadila sebagai Ibu Mentari, Bima Azriel sebagai Fajar dan Sandrinna Michelle sebagai Cahaya – rangkaian kisah ‘Keluarga Surya’ dapat disaksikan melalui kanal resmi YouTube Sun Life Financial Indonesia (Sun Life Financial ID).
“Harapan kami melalui kampanye #LebihBaik Sekarang, serta muatan pesan yang disampaikan melalui video web series ‘Keluarga Surya’, semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk memulai perencanaan keuangan sejak dini, hingga akhirnya terbentuk masyarakat Indonesia yang cerdas dan mapan secara finansial serta menjalani hidup yang lebih sehat,” tutup Elin.

Comments

Komentar Disini