Sungai Cikapundung, Sungai Purba di Bandung yang Semakin Bersih dan Asri

DESTINASI BANDUNG-Sejumlah kota besar di dunia memiliki sungai yang membelah kotanya. Sebut saja, sungai Thames yang membelah London Inggris atau sungai Cheonggyecheon yang membelah Kota Seoul Korea Selatan.

Seperti kota besar lainnya di dunia, Kota Bandung juga memiliki sungai yang membelah kota. Ya sungai tersebut yaitu Sungai Cikapundung. Bahkan sungai Cikapundung disebut sebagain sungai terpanjang di dunia karena membelah Asia-Afrika.

Tentu itu hanya gurauan. Karena sungai Cikapundung memang melewati Jalan Asia Afrika yang menjadi salah satu ikon Kota Bandung.

Zaman baheula, Sungai Cikapundung juga sejajar dengan Jalan Braga yang jadi ikon Parijs van Java. Tak heran, pada 1960-an nama sungai tersebut diabadikan dalam lagu yang dibawakan Titim Fatimah, “Cikapundung”, juga dalam lagu pop Sunda “Sorban Palid”.

Baca Juga :  Warung Sekar Wangi Paduan Kuliner Dengan Konsep Bangunan Unik

Sungai Cikapundung yang merupakan sungai purba memiiki panjang 28 kilometer. Sungai ini berhulu di sekitar Gunung Bukit Tunggul atau umumnya dari kawasan Lembang di utara Kota Bandung.

air sungai mengalir menuju selatan dan bermuara ke Sungai Citarum. Sungai Cikapundung berasal dari bahasa Sunda Ci Kapundung. Artinya sungai (ci, cai: air) dan nama sejenis buah-buahan, kapundung atau kepundung (Baccaurea spp).