Tahun 2016, Disparbud Jabar Siapkan Enam Destinasi Wisata Baru

0
298
Pantai/ destinasi bandung

Destinasi Bandung- Untuk lebih menarik kunjungan wisatawan dalam negeri ataupun wisatawan luar negeri, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat pastikan ada enam destinasi wisata siap kunjung pada tahun 2016 mendatang. Ke-enam destinasi tersebut, yakni Kebun Raya Kuningan (Kab. Kuningan), Sungai Cimanuk (Kab, Indramayu), Geopark Ciletuh (Kab. Sukabumi), Batu Dua (Kab, Sumedang), Green Canyon (Kabupaten Karawang), dan Gua Sinjanglawang (Kabupaten Pangandaran).

Menurut Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Agus E. Hanafiah, keenam destinasi wisata siap kunjung ini tengah dalam verifikasi data dan dokumennya oleh Bappeda Jabar. Destinasi yang diajukan kepemilikannya harus tanah milik kabupaten kota.

“Itu menjadi salah satu syarat mutlak untuk bisa mendapat bantuan dari provinsi,” ujarnya dalam rapat sinergitas antara Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar dengan kabupaten kota di Gedung Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar, Kamis (1/10/2015).

Agus mengatakan, jika dana bantuan untuk destinasi ini bisa cair, apabila bappeda meng-acc data dan dokumen pengajuan dari kabupaten kota. Tidak hanya itu, designer enginering detail (DED)-nya pun sudah disiapkan.

“Nantinya dari keenam destinasi siap kunjung ini dipersiapkan untuk menjadi destinasi dunia. Syaratnya, antara lain destinasi tersebut memiliki keunikan, unggul potensinya, bagus prestasinya, baik prospek kedepannya. Tentunya, kami tidak akan terpaku pada keenam destinasi siap kunjung tadi,”ujarnya.

Kemungkinan ada destinasi di daerah lain yang justru lebih siap dan berpotensi menjadi daya tarik wisata di daerahnya, seperti pantai barat dan batu karas di Pangandaran, Kota Bandung, serta kawasan wisata di Bandung Selatan.

Comments

Komentar Disini