Tahun Baru, Telkomsel Jamin Komunikasi di Tempat Wisata Lancar

0
77
Telkomsel

Destinasi Bandung – Untuk memberikan kelancaran dan kenyamanan pelanggannya di dalam berkomunikasi, Telkomsel memastikan kesiapan jaringannya di berbagai lokasi wisata yang diprediksi akan menjadi pusat keramaian di momen Tahun Baru. Secara nasional, sebelumnya Telkomsel telah melakukan identifikasi terhadap 665 titik keramaian utama atau disebut dengan PoI (Point of Interest) yang diprediksi akan dipadati oleh pelanggan di masa-masa tahun baru.

Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Venusiana Papasi mengatakan, “Kualitas jaringan selama masa pergantian tahun di titik-titik keramaian khususnya lokasi wisata akan terus kami kawal, sehingga pelanggan tetap nyaman berkomunikasi, sekalipun ada lonjakan trafik komunikasi yang tinggi. Layanan data menjadi fokus utama tahun ini, mengingat aktivitas pelanggan dalam menggunakan social media sangat tinggi untuk berbagi momen spesial seperti tahun baru.”

Di ibukota, beberapa lokasi yang diprediksi menjadi pusat keramaian, baik di saat malam pergantian tahun maupun di hari pertama tahun 2016 adalah di Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan Monas. Di lokasi-lokasi tersebut, pengamanan jaringan diantaranya dilakukan Telkomsel dengan menyiagakan Compact Mobile BTS (COMBAT) untuk menjamin kualitas jaringan tetap prima.

“Di beberapa lokasi wisata utama kami bahkan menyiagakan COMBAT dengan jumlah lebih dari hari libur biasanya, seperti di Taman Impian Jaya Ancol dengan 5 unit COMBAT, dimana 3 diantaranya menghadirkan layanan 4G dan di Taman Mini Indonesia Indah sebanyak 2 unit COMBAT. Khusus untuk Taman Impian Jaya Ancol, tepatnya di sekitar Pantai Carnaval Ancol, kami alokasikan lebih banyak, karena diprediksi jumlah pengunjung akan membludak, bersamaan dengan digelarnya sejumlah puncak pertunjukan malam akhir tahun”, pungkas Venusiana.

Sebelumnya, secara nasional Telkomsel telah memprediksi adanya kenaikan layanan data pada momen Tahun Baru mencapai 2.000 Terabyte atau naik 22.6% dibandingkan trafik data rata-rata di hari normal sepanjang tahun 2015. Sementara itu, layanan suara diperkirakan menjadi 1,64 Milyar menit atau naik 6,4%, sedangkan trafik SMS diperkirakan menjadi 1,04 Milyar SMS atau naik 18,8% dibandingkan dengan trafik normal hari biasa. Untuk mengantisipasi hal tersebut, selain didukung lebih dari 100.000 BTS, secara nasional Telkomsel mengerahkan sebanyak 93 COMBAT di berbagai lokasi wisata padat pengunjung di seluruh Indonesia yang menjadi pusat perayaan malam tahun baru.

Selain predikasi melonjaknya trafik penggunaan layanan telekomunikasi, Telkomsel juga sudah mengantisipasi peningkatan trafik kontak pelanggan, baik itu untuk pemenuhan kebutuhan informasi dan produk maupun penanganan keluhan pelanggan, khususnya jelang momen pergantian malam tahun baru.

Untuk itu, Direktur Sales Telkomsel, Mas’ud Khamid bersama dengan jajaran manajemen Telkomsel Area Jabotabek Jabar belum lama ini melakukan pengecekan langsung untuk memastikan kesiapan personil dan fasilitas Integrated Back End Support (IBES) Telkomsel yang setiap harinya selama 24 jam nonstop bertanggun jawab merespon kebutuhan pelanggan dari sejumlah customer touch point digital seperti Caroline (Customer Service Online/Call Center), akun resmi social media Telkomsel (Facebook dan Twitter) serta kontak email.

Berdasarkan data analis social media, Socialbakers.com, akun resmi social media Telkomsel pada tahun 2014 menduduki peringkat pertama di dunia untuk akun resmi perusahaan yang paling responsif dalam menanggapi kebutuhan dan pertanyaan pelanggan, untuk channel social media Twitter. Mengantisipasi malam pergantian tahun, Telkomsel memprediksi kenaikan 30% trafik kontak pelanggan, khususnya melalui jalur Caroline, yang umumnya didominasi kebutuhan pelanggan untuk informasi proses aktivasi paket data dan pergantian simcard hilang atau rusak.

Comments

Komentar Disini