Tahun Ini 38 Jenis Mobil Baru Siap Di Luncurkan

0
83
sdr

Destinasi Bandung-Tahun Ini 38 Jenis Mobil Baru Siap Di Luncurkan.. Tahun ini pasar otomotif di Indonesia khususnya kendaraan roda empat, akan mengeluarkan 38 model mobil baru, baik versi penyegaran (facelift) maupun yang benar-benar baru (all new), bakal meluncur tahun ini. Kehadiran mobil-mobil baru ini bakal menggairahkan pasar mobil domestik atau minimal menahan kejatuhan penjualan.

Dari sekian banyak model baru yang dirilis, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia facelift paling menarik perhatian publik. Maklum, dua mobil ini adalah penentu pergerakan pasar mobil, lantaran berada di segmen tergemuk kendaraan multiguna bawah atau low multipurpose vehicle (LMPV). Kontribusi segmen LMPV terhadap total pasar sekitar 24%. Adapun porsi total segmen MPV, terdiri atas MPV menengah dan LMPV 30% lebih.

Selain itu, tahun lalu, terjadi pertarungan sengit antara Mitsubishi Xpander dan Avanza-Xenia. Xpander tercatat beberapa kali mengalahkan Avanza dalam penjualan bulanan dan menjadi model terlaris di Indonesia. Tak pelak lagi, Avanza dan Xenia facelift bakal menjadi serangan balik Toyota dan Daihatsu ke Mitsubishi. Alhasil, persaingan di segmen LMPV pada 2019 dipastikan kian sengit. Avanza dan Xenia facelift dirilis bulan ini.

Toyota tak hanya melepas Avanza facelift. PT Toyota Astra Motor (TAM) bakal meluncurkan enam model baru tahun ini. Selain Avanza facelift, All New Camry diprediksi melenggang pada 2019, setelah diperkenalkan di Thailand tahun lalu.

Segmen LMPV juga bakal kedatangan mobil lansiran Nissan yang berbasis Xpander. Ini terjadi lantaran Mitsubishi menjadi bagian dari aliansi Renault dan Nissan, sehingga berbagi sasis dan mesin menjadi hal lumrah.

Honda tak tinggal diam. Setelah melepas All New Brio tahun lalu, Honda bakal melansir All New Mobilio yang satu platform dengan Brio. Honda juga diprediksi melepas crossover WR-V.

Di luar LMPV, segmen SUV juga bakal diserbu pemain baru. Suzuki kemungkinan besar melepas All New Jimny yang menyedot perhatian pengunjung Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Mobil ini rencananya dilokalisasi dengan memakai mesin bensin Ertiga baru.

Wuling, pemain asal Tiongkok, turut masuk segmen SUV melalui Almaz. Hal ini diikuti oleh pemain Tiongkok lainnya, DFSK, kendati nama modelnya belum diketahui.

Di segmen mobil komersial, Mitsubishi kabarnya akan melansir New Triton yang sudah hadir di Thailand. Para pabrikan mobil premium, seperti Mercedes Benz (Mercy) dan BMW juga bakal agresif melepas mobil baru tahun ini.

Mercy bakal melepas model all new di segmen SUV. Pabrikan Jerman ini juga akan menghadirkan B-Class. CLA 4-door Coupe, CLA Shooting Brake, edisi penyegaran GLC dan GLC Coupe, GLE, GLS, dan satu mobil kecil baru.

Rivalnya sesama Jerman, BMW, akan melansir lima mobil baru, terdiri atas BMW X5, BMW Seri 3, BMW Z4, BMW M5, dan BMW 8 Series. Kabar lainnya, Porsche 911 dan SUV Porsche Macan bakal dirilis tahun ini, demikian pula dengan Proton X70, Range Rover Evoque, VW T-Roc, Hyundai Tucson, Hyundai Grand i10, Mazda3, Infiniti Q30, Jaguar XE, Audi A4, Audi Q8, dan Lexus UX.

Comments

Komentar Disini