Taman Ujung Berung dan Taman Vanda

0
1706

Taman adalah sebuah tempat yang terencana atau sengaja di rencanakan di buat oleh manusia, biasanya di luar ruangan, di buat untuk menampilkan keindahan dari berbagai tanaman dan bentuk alami. Taman dapat di bagi dalam taman alami dan taman buatan. Tamanyang sering di jumpai adalah taman rumah tinggal, taman lingkungan, taman bermain, taman rekreasi dan taman botani.

Taman berasal dari kata Gard yang berarti menjaga dan Eden yang berarti kesenangan, jadi bisa diartikan bahwa taman adalah sebuah tempat yang di gunakan untuk kesenangan yang di jaga keberadaannya. Pada zaman dahulu, taman hanya di miliki oleh para bangsawan, yang mana tidak semua orang dapat masuk di dalamnya.

Sejak zaman Belanda, Kota Bandung memiliki banyak taman kota seperti taman Maluku dan Taman Ganesha dan masih banyak lagi. Sekarang, walikota bandung Ridwan Kamil banyak membenahi taman taman yang ada dikota Bandung dan menghadirkan taman tematik di beberapa titik kota bandung.

Pembuatan taman tematik ini memanfaatkan area yang terbengkalai dan kawasan yang kosong, dengan membangun taman taman yang namanya beraneka ragam, contohnya yang baru baru ini dibenahi adalah taman vanda dan taman yang berada di alun alun ujung berung.

Tujuannya agar taman taman di kota Bandung menjadi sebuah ruang publik yang nyaman asri dan indah. Masyarakat akan memiliki berbagai alternatif mencari udara segar dan area nyaman ditengah-tengah hiruk pikuk kota, untuk sekedar beristirahat, berinteraksi, berfoto, atau berekreasi. Masyarakat dapat menyesuaikan minatnya dimana taman yang diminati. Taman-taman ini bisa menjadi alternatif area nyaman untuk jalan-jalan selain di cafe atau mall. Begitu pula konsep modern tak ditinggalkan, salah satunya dengan penyediaan akses WiFi gratis Bandung Juara.

Alun alun Ujung Berung
Setelah mengalami renovasi, Alun-Alun Ujungberung Kota Bandung kini tampil dengan wajah baru yang lebih indah. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil telah meresmikannya Minggu 14 Juni 2015 lalu.

Alun-alun Ujungberung akan menjadi tempat berkumpul waga Kota Bandung bagian timur, seperti halnya Alun-Alun Bandung di pusat kota. Alun-alun ini dilengkapi banyak fasilitas, area barmain, taman, panggung hiburan, dan lampu-lampu yang atraktif ketika menyala di malam hari.

Taman Vanda
Nama Taman ‘Vanda’ sendiri diambil dari salah satu nama jenis anggrek. Taman Vanda ini berbentuk segitiga. Di sekelilingnya ditembok, sementara bagian tengahnya ada air mancur yang dikelilingi sejumlah tanaman hias. Taman ini juga dilengkapi oleh air mancur yang bisa menyala dikala malam hari tiba Taman ini tepat berlokasi di Jalan Merdeka bawah, tepatnya di antara Gedung Bank Indonesia dan Polrestabes Bandung. (Erdhy Verdhian)

Comments

Komentar Disini