TaniHub Group Salurkan Lebih dari 4,5 Ton Pakan Satwa dan Perluas Jangkauan Donasi

0
13

Destinasi Bandung- TaniHub Group Salurkan Lebih dari 4,5 Ton Pakan Satwa dan Perluas Jangkauan Donasi. Startup agritech TaniHub Group melanjutkan program donasi pakan untuk satwa. Langkah ini ditandai dengan diaktifkannya fitur donasi dalam aplikasi dan website TaniHub agar masyarakat umum dapat berpartisipasi secara langsung. TaniHub Group melaksanakan program donasi untuk meringankan beban pihak-pihak yang terlibat dalam upaya pelestarian dunia satwa, mengingat pandemi Covid-19 telah mengganggu keberlangsungan operasional mereka dengan ditutupnya hampir semua fasilitas umum dan tempat rekreasi. Hingga saat ini, perusahaan telah mengumpulkan lebih dari 4,5 ton buah-buahan, sayuran, dan daging ayam dari donasi masyarakat untuk disalurkan ke kebun binatang, taman satwa, dan penampungan hewan di Jakarta, Bogor, dan Bandung. Dalam waktu dekat, perusahaan akan memperluas penyaluran donasi ke sejumlah tempat lainnya.

Dari total 4,5 ton pakan satwa ini, sebanyak 1,5 ton diserahkan untuk Taman Safari Indonesia di Cisarua, Bogor pada 18 Mei 2020. Belum lama ini, Taman Burung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur menjadi penerima donasi selanjutnya berupa buah-buahan dan sayuran dengan total donasi 2,5 ton. Kedua pihak tersebut mengalami kesulitan dalam memenuhi pasokan pakan satwa mereka akibat pandemi, sehingga kesehatan hewan-hewan dapat terancam. Tidak hanya itu, kesejahteraan para perawat hewan dan karyawan di taman-taman satwa tersebut juga terganggu dengan tidak adanya pemasukan dari pengunjung.

Drs. Maulana Cholid, Direktur Operasional dan Pengembangan TMII, mengatakan bahwa wabah Covid-19 telah memaksa TMII menutup semua objek wisata di areanya selama hampir tiga bulan terakhir dan turut mengganggu produksi dari pemasok pakan untuk satwa di Taman Burung TMII. “Terutama untuk buah seperti pisang, sebelumnya kami selalu mendapat pasokan. Namun, ketika pandemi menyerang, kami menjadi kekurangan (pakan),” ujarnya.

Selain kebun binatang dan taman satwa, berdasarkan riset TaniHub Group, penampungan (shelter) hewan domestik seperti anjing dan kucing juga terdampak cukup berat akibat pandemi. Sebab itu, baru-baru ini TaniHub Group menyalurkan 133 kilogram ayam untuk organisasi penyelamatan hewan Animal Defenders Indonesia, yang berlokasi di Parung, Bogor. Doni Herdaru Tona, Pendiri Animal Defenders Indonesia, mengatakan, membantu hewan artinya secara tidak langsung membantu kesejahteraan manusia. Sebab, jika hewan-hewan tidak terawat, pada gilirannya mereka dapat menjadi ancaman kesehatan untuk manusia dan lingkungan. “TaniHub sebenarnya bisa saja memilih hidup aman di zona nyamannya, tanpa perlu repot-repot memberikan bantuan seperti ini. Hal ini menunjukkan bahwa di luar sana, masih ada orang-orang yang peduli dan mau menolong apa yang ada di lingkungannya,” kata Doni.

Tidak hanya di Jakarta dan Bogor, TaniHub Group juga menyalurkan donasi pakan berupa lebih dari 400 kilogram buah-buahan dan sayuran untuk Bird Pavilion at Pramestha di Bandung. Berdasarkan penjelasan manajemen Bird Pavilion, operasional mereka telah dihentikan sejak pertengahan Maret 2020 akibat dampak pandemi. Sedangkan biaya untuk pakan satwa disubsidi dari sejumlah pos lainnya di anggaran operasional.

Donasi Lewat Aplikasi dan Website TaniHub

Sebagai upaya mengundang masyarakat berpartisipasi, TaniHub Group telah membuka fitur program donasi Kebaikan Untuk Satwa di aplikasi dan website TaniHub (www.tanihub.com). Masyarakat dapat memilih buah-buahan, sayuran, dan ayam untuk disalurkan oleh TaniHub Group kepada pihak kebun binatang, taman satwa, dan penampungan hewan yang membutuhkan. Pamitra Wineka, Presiden dan Co-Founder TaniHub Group mengundang masyarakat umum untuk turut berpartisipasi dalam program donasi ini. Pamitra menegaskan, program-program TaniHub Group tidak pernah dibuat hanya untuk satu kali pelaksanaan saja atau demi publisitas semata, melainkan selalu berdasarkan perencanaan yang matang dan berkelanjutan.

“Kami menyadari program-program yang bersifat terus-menerus manfaatnya jauh lebih besar. Kami berharap program donasi pakan satwa ini terus berjalan dan semua bagian masyarakat dapat ikut berpartisipasi. Sebab, semua donasi yang kami lakukan tidak hanya atas nama TaniHub Group saja, melainkan TaniHub Group bersama masyarakat,” ujarnya.

Comments

Komentar Disini