Tari Gapura Hyang, Tari Persembahan Khas Kabupaten Bandung Barat

0
122

Destinasi Bandung-Tari Gapura Hyang, Tari Persembahan Khas Kabupaten Bandung Barat. Dalam rangka pemanfaatan kebudayaan pada bidang kesenian dengan didorong oleh keinginan yang kuat dari Pemerintah Kabupaten Bandung Barat untuk memiliki sebuah kesenian tradisional yang dapat dinikmati oleh khalayak umum dan dalam penyajiannya mampu mengakomodasi kearifan lokal khas Bandung Barat.

Berangkat dari pemikiran tersebut, pada Tahun 2017, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat melaksanakan program kerja bersama Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Bandung dalam mewujudkan sebuah karya Seni Tari Persembahan khas Kabupaten Bandung Barat yang di dalam komposisi gerakan tari dan pendukungnya mempresentasikan ciri budaya daerah Kabupaten Bandung Barat yang berjudul Tari Gapura Hyang yang diperuntukan sebagai pertunjukan acara-acara besar daerah Kabupaten Bandung Barat baik bersifat lokal maupun nasional.

“Tari Gapura Huyang menceritakan sebuah legenda Dayang Sumbi dalam sasakala Tangkuban Perahu. Legenda seorang ibu yang arif dan bijaksana tatkala menghadapi angkara sang buah hati, Sangkuriang.

Sebesar apapun angkara yang ditumpahkan Sangkuriang, dengan kelembutan hati, lapang dada dan dengan pintu maaf yang terbuka lebar, dengan itulah Dayang Sumbi bersikap serta berbuat dalam meredam keinginan Sangkurang untuk mempersuntingnya. Spirit Dayang Sumbi menyungging senyum keramahan kesundaan yang terpancar digerbang tatar parahyangan dalam wujud persembahan Gapura Hyang.

Pengkreasian Tari Persembahan “Gapura Hyang” merupakan wujud kongkret komitmen Pemerintah Daerah dalam kemajuan kebudayaan daerah Kabupaten Bandung Barat, disamping memiliki nilai strategis sebagai media promosi seni, budaya, pariwista dan promosi kekayaan Kabupaten Bandung Barat secara umum.

Comments

Komentar Disini