Tarif Angkutan Turun Maka Berpotensi Deflasi

0
37
BPS Jabar / Destinasi Bandung

Destinasi Bandung-Keputusan perusahaan-perusahaan jasa angkutan yang akan memangkas tarif, diperkirakan akan menahan laju inflasi pada bulan April 2016 ini. Bahkan, ada potensi pada April ini akan terjadi deflasi, setelah pada bulan Maret 2016 lalu terjadi inflasi 0,19 persen secara month on month (MoM).

Keputusan perusahaan jasa angkutan yang tergabung dalam Organisasi Angkutan Darat (ORGANDA) ini, merupakan dampak dari keputusan pemerintah yang menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai 1 April 2016 lalu. Penurunan harga BBM terjadi untuk jenis premium maupun solar.

Kepala BPS Jabar, Vachdi Ruswana kepada wartawan Destinasi Bandung, mengatakan, penurunan BBM yang dilanjutkan dengan pemangkasan tarif angkutan akan memberikan andil terhadap deflasi, yang diperkirakan menyentuh 0,25 persen sampai 0,35 persen pada April.

Sebelumnya, denger-denger kata dia organda memutuskan untuk menurunkan tarif angkutan dalam kota untuk bus kecil sebesar Rp 500, dan bus kota sebesar Rp 300.”Hati-hati ini bisa terjadi deflasi pada Bulan Apil,” ungkap dia yang ditemui di kantor BPS Jabar, Senin (04/04/2016).

Comments

Komentar Disini