TikTok Luncurkan Program #SamaSamaBelajar Dukung Pendidikan di Indonesia

0
27

Destinasi Bandung- TikTok Luncurkan Program #SamaSamaBelajar Dukung Pendidikan di Indonesia. TikTok, platform video singkat, meluncurkan program #SamaSamaBelajar untuk menyediakan dukungan terhadap sektor pendidikan di Indonesia. Melihat video singkat sebagai masa depan platform edukasi, TikTok, dengan konten yang mudah diterapkan dan mudah dicerna, dapat menjadi alat untuk konten edukasi yang interaktif serta menarik. Oleh karena itulah, program #SamaSamaBelajar bertujuan untuk memberdayakan sektor pendidikan di Indonesia dan akan menjadi gebrakan baru dalam memberikan kegiatan belajar yang berbeda. Program ini diluncurkan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, akan berlangsung hingga tahun 2021 dan menawarkan serangkaian kegiatan untuk memperkaya pengetahuan serta menginspirasi orang lain untuk berbagi konten berbasis edukasi.

Berdasarkan Data Statistik Pendidikan Indonesia tahun 2018/2019, sebanyak 71.48 persen pelajar yang di rentang usia 5-24 tahun, atau disebut juga generasi Z, tercatat sebagai pengguna telepon selular dan 53.06 persen tercatat sebagai pengguna internet. Riset dari berbagai penyedia layanan telekomunikasi juga mencatat peningkatan hingga 15-30 persen terhadap penggunaan internet selama pandemi.

“Di tengah kekhawatiran dunia tentang COVID-19, para profesional di sektor pendidikan terpaksa mencari cara baru untuk terhubung dengan orang-orang yang bergantung pada jasa mereka. Konten edukasi yang kreatif di platform seperti TikTok dapat membantu. Melalui #SamaSamaBelajar, kami akan menyediakan dukungan terhadap pendidik, tenaga ahli profesional, dan nirlaba yang kemampuan dan keahliannya dapat membantu menyebarkan informasi edukasi dan materi yang berguna dalam format pembelajaran jarak jauh yang mudah dicerna,” kata Donny Eryastha, Head of Public Policy, TikTok Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Program #SamaSamaBelajar didukung oleh Creative Learning Fund. Dengan puluhan juta pelajar di seluruh dunia tidak bisa bersekolah, para pendidikan dan orangtua perlu bantuan dalam memfasilitasi kegiatan belajar dari jarak jauh. TikTok Creative Learning Fund diluncurkan secara global untuk menyediakan dukungan yang diperlukan bagi semua orang yang tertarik untuk memindahkan kemampuan mereka ke platform TikTok.

#SamaSamaBelajar meliputi beberapa kegiatan, antara lain:

● Kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk mendukung program pemerintah

“Di tengah pandemik COVID-19 ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyambut kerjasama dari semua sektor untuk memastikan proses pendidikan tetap berjalan untuk para guru dan pelajar di Indonesia, termasuk kerjasama #SamaSamaBelajar bersama TikTok. Kami berharap kerjasama ini dapat memberikan manfaat dan menginspirasi para guru dan pelajar selagi belajar di rumah,” kata Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia.

Kolaborasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, termasuk juga:

● Tantangan di dalam aplikasi berjudul #SamaSamaBelajar yang mengundang pengguna TikTok untuk mengunggah konten edukasi dan berbasis informasi mereka, agar pengguna lainnya dapat belajar di manapun dan kapan pun. Hingga kini, tagar #SamaSamaBelajar telah ditonton lebih dari 300 juta kali, dengan topik mulai dari teknologi, bahasa asing, kesehatan, kebudayaan, matematika, hingga tips menarik.

● Bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, TikTok akan mengadakan serangkaian lokakarya dengan topik keamanan digital serta pengembangan konten kreatif untuk 3000 mahasiswa dan pelajar SMA di 15 kota di Indonesia, hingga tahun 2021. Lokakarya pertama telah diadakan di Bandung pada Februari 2020, dan akan dilanjutkan di kota-kota lainnya jika situasi sudah kondusif.

● Melalui akun @kemendikbud.ri di aplikasi TikTok, Kementerian akan menyediakan beragam konten edukasi dengan tagar #SamaSamaBelajar yang dapat digunakan oleh pengguna untuk belajar dan mendapatkan informasi yang inspiratif.

● #Berbagi Ilmu di TikTok dan dapatkan hadiah tunai senilai Rp 700 juta

Mulai tanggal 2 Mei 2020, TikTok mengajak pengguna di Indonesia untuk membuat video singkat, tidak lebih dari 15 detik, di TikTok, dengan ketentuan sebagai berikut:

● Video berbasis ilmu pengetahuan, seperti pengetahuan umum, teknologi, tips kehidupan, dan pengetahuan lainnya.

● Gunakan tagar #samasamabelajar dan #bagiilmu di bagian caption.

● Video paling telat diunggah pada tanggal 1 Juni 2020.

● Untuk informasi lebih lengkap, klik di sini.

TikTok merupakan tempat tujuan untuk video mobile berdurasi singkat. Misi kami adalah untuk menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan. TikTok memiliki kantor di berbagai negara, termasuk di Los Angeles, New York, Paris, Dubai, Mumbai, Singapura, Jakarta, Seoul, dan Tokyo. www.tiktok.com

Comments

Komentar Disini