Tips Membeli Parcel

0
388
Jpeg

Destinasi Bandung – Memberikan Parcel kepada kerabat, teman kantor, atau sanak saudara sudah menjadi tradisi rutin menjelang Hari Raya Lebaran untuk mempererat tali silaturahmi.

Saat ini bentuk dan isi parcel sangatlah unik dan beragam, mulai dari yang berisi kue, buah, minuman bersoda, sirup dll. Akan tetapi tidak semua isi parcel berisikan makanan atau minuman yang halal dan belum kadaluarsa. Banyaknya permintaan parcel terkadang membuat penjual parcel kurang mengontrol makanan dalam parcel. Kita sebagai konsumen dituntut hati-hati dan teliti dalam membeli parcel makanan. Oleh karena itu sebelum membeli parcel makanan ada baiknya memperhatikan tips-tips berikut:

1. Tentukan Jenis Parcel Yang Sesuai Kebutuhan
Tentukan paket parcel sebelum memutuskan untuk membelinya. Sebab banyak ragam isi parcel yang beredar di pasaran, seperti Parcel Makanan, Parcel Keramik, Parcel Kue Kering, Parcel Peralatan Kantor, Parcel Peralatan Ibadah, dan sebagainya. Jadi, pilihlah paket parcel yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Perhatikan Tanggal Kadaluarsa Isi Parcel
Seperti yang telah disebutkan di atas sebelumnya jangan sampai paket parcel lebaran yang tujuannya untuk mempererat tali silaturahmi malah menimbulkan sesuatu yang tidak mengenakan bagi penerima parcel lantaran kondisi barang yang ada di dalam parcel yang buruk. Memastikan tanggal kadaluarsa dari suatu produk menjadi bagian yang penting, termasuk saat memilih dan memesan parcel lebaran. Pastikan semua produk, terutama makanan dan minuman belum masuk tanggal kadaluarsa, dan pilihlah yang masih lama tanggal kadaluwarsanya.

3. Perhatikan Detail Isi Parcel
Jika anda membeli parcel dalam bentuk lain, pastikan isi parcel tidak ada kerusakan dan cacat pada isi parcel. Pastikan juga semua isi parcel seusai dengan daftar isi parcel yang tercantum.

4. Perhatikan Isi Parcel
Perhatikan isi parcel sebelum memutuskan membeli atau memesannya. Anda juga harus lebih selektif dan jangan sungkan untuk menanyakan langsung kepada penjual tentang rincian isi dalam parcel.

5. Perhatikan Label Halal
Apabila si penerima parcel seorang muslim dan paket parcel yang akan diberikan berupa makanan dan minuman, pastikan semua produk makanan/ minuman dalam parcel berlabel Halal dari MUI.

6. Hindari Membeli Parcel Dipinggir Jalan
Belilah parcel di tempat netral atau pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan atau mall yang dibantu dengan petugas yang bisa menjelaskan isi paketan tersebut. Usahakan jangan membeli di pedagang yang berjualan di pinggir jalan.

7. Cek Harga Parcel
Untuk yang terakhir pilihlah parcel yang harganya sebanding dengan isinya dan pertimbangkan pula dari segi desain kemasan dan aksesoris pendukung parcel. Penjual parcel yang jujur tidak akan menjual parcel dengan harga yang jauh melampaui isi dari parcel itu sendiri. (Evan T.Fadli)

Comments

Komentar Disini