Tips Merawat Kamera DSLR Kesayangan Anda

0
60
Kamera DSLR / Destinasi Bandung

Destinasi Bandung-Tips Merawat Kamera DSLR kesayangan anda. Mengabadikan moment merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang untuk dijadikan kenang-kenangan. Bukan tanpa alasan “moment” merupakan hal yang tidak dapat diulang untuk kedua kalinya, walaupun bisa diulang namun tidak akan sama percis seperti sebelumnya.

Kamera DSLR / Destinasi Bandung

Saat ini mengabadikan moment tentunya menjadi sesuatu hal yang sangat mudah ditambah dengan berkembangnya teknologi di era zaman yang modern. Selain itu dengan berkembangnya sosial media belakangan ini, untuk mengabadikan moment ini sangat wajib dilakukan saat hendak berkunjung ke suatu tempat.

Banyak cara untuk mengabadikan moment salah satunya menggunakan Kamera Handphone atau DSLR. Selain kamera Handphone dan Mirrorles, DSLR merupakan kamera yang sangat digandrungi oleng kalangan anak muda hingga dewasa untuk mengabadikan moment.

Kamera DSLR / Destinasi Bandung

Kamera DSLR sendiri saat ini masih banyak peminatnya dari mulai anak remaja hingga orang tua,  selain menggunakan tentunya kita wajib menjaga dan merawat kamera tersebut agar tidak mengalami kerusakan.

Ada beberapa tips untuk menjaga umur kamera anda, diantaranya :

Jauhkan kamera dari air dan basah .
Karena Air bisa menimbulkan kelembaban didalam internal kamera dan bisa membuat komponen internal rusak. Bahkan jika kamera terlalu sering terkena air dapat menyebabkan error terhadap kamera anda.
Periksa ada tidaknya debu pada sensor kamera DSLR atau lensa anda, jika terdeteksi, gunakan blower untuk menghilangkan debu. Jika blower tidak mampu menghilangkan debu, alangkah baiknya bawa ke service center.

Hindari Kontak Langsung dengan Sinar Matahari
Jagalah kamera agar jangan sampai terjemur atau terkena cahaya matahari secara langsung dan berlebihan. Panas yang tinggi dapat merusak bagian-bagian kamera yang terbuat dari plastik dan karet, serta komponen elektronik yang lainnya.

Kamera DSLR / Destinasi Bandung

Bersihkan Kamera dan Lensa
Sebaiknya kamera dibersihkan seminggu sekali atau secara teratur dan berkala. Untuk bagian luar fisik kamera, gunakan lap kering yang bersih dan tak kasar. Sedangkan untuk bagian dalam dan elemen-elemen kecilnya, gunakan blower atau peniup yang banyak dijual di toko kamera. Selain blower, juga bisa digunakan kuas berserabut halus, yang belum pernah dipergunakan pada benda yang lain.

Untuk membersihkan lensa yang terkena noda, misalnya terkena jari yang berminyak atau air keringat dari pemakai, pakailah tissue khusus yang banyak dijual di toko.

Simpan di tempat khusus
Anda bisa membuat tempat khusus untuk kamera dengan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti ini :
Gunakan dengan media Kaca, Fiber atau yang lain tapi jangan kayu
Berbentuk kotak tertutup
Beri pintu yang memberikan akses untuk keluar masuk dengan nyaman
beralas kain atau spons atau gunakan media lain yang tentunya halus dan tidak merusak kamera.
Ukuran sesuai selera dan kebutuhan
Kamera dan lensa memiliki bagian bergerak seperti tombol, dial, engsel pintu batere dan memory card, focusing ring dan putaran zoom lensa. Kalau ada yang macet jangan diputar atau dibuka dengan paksa. Kalau memang tidak paham, alangkah lebih baik di bawa ke tempat service.

Pengaman Lensa atau filter UV

Gunakan filter pengaman lensa agar lensa bawaan terlindungi dari debu dan goresan. Beli aja di toko kamera namanya filter UV harganya sekitar 50 rebu tergantung merk. Tapi untuk kwalitas sama aja kok. Fungsinya cuman untuk pelindung aja.

Matikan kamera sebelum mengeluarkan batere atau memory card .

saat anda mencolokkan ke komputer, kamera memiliki komputer didalamnya dan bisa jadi tidak tahan terhadap perubahan arus listrik secara mendadak.

Strap kamera ada agar kamera anda tidak gampang jatuh dengan tidak sengaja, kalau memang merasa tidak nyaman memakai strap bawaan, belilah yang lebih nyaman.

Selalu jaga kebersihan lensa.
Saat membersihkan lensa, jangan langsung semprotkan cairan pembersih ke lensa, semprotkan dulu ke lap microfiber sedikit saja lalu baru usapkan lap microfiber tersebut ke lensa. Anda bisa membeli lap microfiber di swalayan besar.

Jagalah dari Goncangan yang Berlebihan
Jangan lupa untuk menaruhnya di dalam tas khusus kamera, guna menghindari guncangan yang berlebihan dengan lingkungan luar maupun benturan antar peralatan. Taruhlah kamera di tempat yang aman dan tahan terhadap guncangan.

Comments

Komentar Disini