umma Sediakan Fitur Khusus Ibadah #diummaaja, Obati Rindu Majelis Ilmu saat Ramadan

0
11

Destinasi Bandung-umma Sediakan Fitur Khusus Ibadah #diummaaja, Obati Rindu terhadap Majelis Ilmu saat Ramadan. Ada yang baru di aplikasi umma! Platform media sosial umat Islam nomor 1 di Indonesia tersebut menghadirkan beberapa fitur spesial. Tujuannya, membantu umat muslim Indonesia memaksimalkan ibadah dari rumah, terlebih sepanjang Ramadan 1441 H.

Wabah COVID-19 telah banyak mengubah sendi-sendi kehidupan masyarakat Indonesia. Dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pemerintah membatasi segala bentuk kegiatan di tempat umum, termasuk kegiatan keagamaan.

Sehubungan dengan kebijakan tersebut, umma menawarkan dukungan kemudahan bagi umat Islam dalam beribadah, belajar, berinteraksi serta berbagi informasi antar sesama khususnya di bulan Ramadan tahun ini.

Co-Founder dan CEO umma Indra Wiralaksmana mengatakan, saat ini sangat penting bagi umat muslim memaksimalkan kegiatan beribadah dari rumah di tengah kebijakan PSBB yang sedang diterapkan.

“Sebab, tidak bisa dipungkiri kondisi saat ini tidak memungkinkan dilakukannya pertemuan langsung di tempat-tempat umum,” kata Indra.

Indra melanjutkan, dari hasil pengamatan sejak himbauan menjaga jarak (physical distancing) dimulai, pengguna umma merindukan kajian-kajian majelis ilmu. Apalagi memasuki Ramadan, bulan suci yang selalu dinanti umat muslim setiap tahunnya.

“Bulan Suci Ramadan tentunya sudah dinantikan umat Islam untuk berlomba-lomba mengerjakan kebaikan dan beribadah. Sesuai misi kami, umma sebagai media sosial umat Islam terbesar di Indonesia siap membantu umat muslim Indonesia untuk terus bersama-sama menjadi muslim yang lebih baik (khairu ummah) melalui pemanfaatan teknologi untuk beribadah selama di rumah,” terang Indra.

Selain fitur penunjang ibadah utama seperti jadwal salat, penunjuk arah kiblat berbasis GPS dan Al-Qur’an, umma menyiapkan beberapa fitur spesial untuk memaksimalkan ibadah umat muslim di rumah selama bulan Ramadan kali ini, yakni:

Fitur Jurnal Ibadah Harian

Ini adalah fitur pengingat bagi pengguna umma untuk melakukan kegiatan ibadah sehari-hari. Bersamaan dengan fitur pengingat ibadah harian tersebut, umma juga meluncurkan fitur penanda pencapaian ibadah (lencana) berdasarkan aktivitas pengguna di dalam aplikasi. Untuk mendapatkan masing-masing lencana, pengguna harus menyelesaikan misi ibadah seperti membaca Al-Qur’an selama 30 menit dalam 5 hari berturut-turut. Dalam rangka menghidupkan semangat Ramadan, akan hadir berbagai misi lain seperti pembuatan kartu ucapan elektronik di dalam aplikasi umma untuk dibagikan ke orang lain melalui media sosial.

Fitur Klinik Baca Al- Qur’an

Untuk lebih menyemarakkan Ramadan di rumah, umma juga akan mengadakan program One Day One Juz setiap waktu berbuka puasa di aplikasi. Melalui Klinik Tahsin Baca Qur’an di dalam aplikasi umma, pengguna dapat mengecek kaidah pembacaan Al-Qur’an secara tartil, tajwid dan sesuai makhorijul huruf (ejaan huruf) untuk bacaan ayat-ayat tertentu. Cukup kirim rekaman pembacaan Al-Qur’an melalui fitur unggah video di umma, ustaz yang ada di umma akan memberikan evaluasi yang dapat dijadikan bahan belajar membaca Al-Qur’an oleh semua pengguna umma.

Fitur Live Streaming Kajian di umma

Mengurangi rasa rindu untuk hadir di majelis ilmu atau pesantren kilat yang biasanya dilakukan setiap Ramadan, umma menghadirkan fitur Live Streaming. Fitur siaran langsung kajian ini memfasilitasi pengguna umma untuk dapat berdiskusi maupun melakukan tanya jawab dengan ustaz langsung dari aplikasi umma. Materi akan disampaikan oleh ustaz berpengalaman melalui fitur Live Streaming di umma pada waktu sahur dan menjelang buka puasa.

Meskipun tidak dapat menggantikan silaturahmi tatap muka sepenuhnya, lewat ketiga fitur spesial #diummaaja harapannya umma dapat turut menghidupkan suasana Ramadan dalam kondisi yang tidak seperti biasanya. Selain itu, bertepatan dengan milad umma pertama yang jatuh di bulan April, umma akan berbagi hadiah kepada para pengguna di bulan Ramadan ini melalui serangkaian kegiatan di dalam aplikasi umma.

Sejak diluncurkan di April 2019, aplikasi umma telah diunduh oleh lebih dari 8 juta pengguna, dengan pertumbuhan pengguna aktif yang mencapai 400% sejak Ramadan tahun lalu.

“Jelang Ramadan 1441 H, platform umma siap mendukung umat Islam di Indonesia supaya bisa beribadah #diummaaja dengan lebih maksimal,” tutup Indra.

Comments

Komentar Disini