Vitamin A Sangat Penting Bagi Kesehatan Mata

0
76
Net

Destinasi Bandung- Manusia menyerap informasi sekitar 40% melalui visual. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya organ mata sebagai salah satu alat indra manusia. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga dan memelihara kesehatan mata, misalnya: membaca dengan pencahayaan yang cukup, mengistirahatkan mata selama 20 detik tiap bekerja di layar komputer selama 20 menit dengan melihat ke arah 20 kaki (6 meter), serta mengkonsumsi makananan yang mengandung vitamin A.

Vitamin A sangat penting bagi kesehatan mata. Sayangnya lebih dari separuh penduduk dunia terutama anak-anak dan wanita hamil di Asia Tenggara dan Afrika mengalami defisiensi vitamin A. Kurangnya vitamin A dapat meningkatkan risiko penyakit berat seperti diare dan campak, serta gangguan penglihatan. Salah satu gangguan penglihatan yang dapat terjadi yaitu rabun senja. Penderita rabun senja akan mengalami kesulitan untuk melihat di tempat dengan pencahayaan minim. Jika dibiarkan terus menerus, maka akan berakibat pada kebutaan yang permanen.

Menurut dr. Crhristian Budiman, mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A yang cukup. Wortel merupakan salah satu sumber yang sangat kaya dengan beta karoten (pro vitamin A). Bagi Anda yang mungkin tidak suka dengan wortel, beta karoten dapat juga ditemukan pada sayur mayur dan buah-buahan yang kita makan sehari-hari seperti tomat, bayam, brokoli, mangga, labu, ubi jalar, peterseli dan paprika.

Dengan mengkonsumsi makanan-makanan tersebut dalam jumlah yang cukup dan bervariasi, akan membantu memenuhi kebutuhan tubuh harian kita akan vitamin A. Selamat menjaga kesehatan mata.

Comments

Komentar Disini