Wanita Indonesia Rentan Kekurangan Vitamin D?

0
27

Destinasi Bandung-Wanita Indonesia Rentan Kekurangan Vitamin D?. Selama ini banyak yang mengonsumsi susu untuk mendapatkan asupan kalsium yang cukup untuk tubuh. Tetapi belum banyak yang tahu bahwa susu sebenarnya bukanlah sumber kalsium. Bagaimana bisa demikian? Secara sederhana, sapi tidak dapat memproduksi sendiri kalsium di dalam susu yang mereka hasilkan. Akan tetapi, mereka mendapatkan kalsium ini dari tumbuh-tumbuhan yang mereka makan setiap hari.

Dari fakta ini, kita sebenarnya bisa mengetahui bahwa sumber kalsium yang lebih kompleks bisa kita dapatkan dari bahan makanan nabati. “Kalau ingin mendapatkan kalsium yang memadai, kita bisa mengonsumsi secara rutin sayuran hijau. Soalnya sayuran menyerap banyak mineral, terutama kalsium dari tanah tempat dia tumbuh,” ujar Rachel Olsen, Nutrition Expert YOUVIT multivitamin gummy.

Wanita berdarah Indonesia-Denmark ini juga menjelaskan bahwa kalsium dari makanan juga sebaiknya diimbangi dengan konsumsi vitamin D yang sangat membantu penyerapannya di dalam tubuh. “Jadi walaupun kita sudah banyak makan sayur yang mengandung kalsium yang tinggi, tetapi kalau kita kekurangan vitamin D, penyerapannya tidak bakal bisa maksimal,” lanjutnya lagi. Dia mengatakan bahwa vitamin D bisa kita dapatkan dari sumber sederhana seperti sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat membantu untuk mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D.

“Pro vitamin D bisa kita dapat dari makanan sehari-hari seperti jamur, kubis, kacang-kacangan, telur dan masih banyak lagi. Dari makanan itu, sinar matahari yang mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D. Sayangnya, di Indonesia khususnya wanita, banyak yang takut kena sinar matahari karena takut hitam. Akhirnya banyak yang kekurangan vitamin D gara-gara ini,” tambahnya. Dia mengatakan bahwa berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan RI, tiap individu membutuhkan paling tidak 600 iu atau 15 mcg vitamin D setiap harinya. Kalau kebutuhan ini tidak terpenuhi, maka resiko untuk pengeroposan tulang menjadi lebih tinggi.

“Supaya kita terhindar dari kekurangan vitamin D, sebaiknya kita mengantisipasi diri dengan mengonsumsi multivitamin tambahan seperti YOUVIT. Seluruh kandungan vitamin maupun mineralnya seimbang untuk sehari-hari. Porsi vitamin D-nya sekitar 400 iu atau 10 mcg di setiap gummy-nya. Selebihnya kita bisa dapatkan dari makanan sehat yang kita makan. Multivitamin gummy ini juga tinggal kunyah dan rasanya mixberry enak. Bakal simpel banget konsumsinya,” tutupnya. Rachel berharap masyarakat Indonesia semakin sadar dengan pentingnya nutrisi harian, sehingga penyakit yang tidak kita inginkan seperti osteoporosis dini dapat dihindari.

Comments

Komentar Disini