Warga Bandung Antusias Kunjungi Bazar Buku Big Bad Wolf

0
71

Destinasi Bandung- Warga Bandung Antusias Kunjungi Bazar Buku Big Bad Wolf. Dalam rangka meningkatkan minat baca dan literasi di Indonesia, Bazar Buku Terbesar di Dunia Big Bad Wolf kembali hadir di Indonesia setelah berhasil menarik banyak pengunjung pada bulan Maret lalu di Jakarta. Bazar Buku Big Bad Wolf untuk pertamakalinya hadir di Bandung pada tanggal 28 Juni – 8 Juli 2019 di Mason Pine Kota Baru Parahyangan dengan membawa buku bacaan yang baik dan bermutu untuk semua warga Bandung.

Hadir selama 24 jam nonstop
Bazar Buku Big Bad Wolf persembahan PT. Jaya Ritel Indonesia juga akan memberikan diskon mulai dari 60%-80% untuk semua buku-buku internasional. Berkat tingginya antusiasme dan permintaan dari masyarakat, Bazar Buku Big Bad Wolf tidak hanya diadakan di Jakarta, Bandung, Medan dan Surabaya melainkan di tujuh kota besar di Indonesia mewakili Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Bazar Buku Big Bad Wolf pertama kali diadakan di Kuala Lumpur pada tahun 2009, buku-buku yang disediakan merupakan buku-buku baru yang dibeli langsung dari penerbit-penerbit di UK, Amerika Serikat dan Canada. Rendahnya minat baca di Indonesia membuat Bazar Buku Big Bad Wolf terus tergerak untuk mengajak masyarakat agar lebih gemar membaca buku dan menjadikan buku sebagai kebutuhan sehari-hari. Kurangnya minat baca masyarakat Indonesia juga diperkuat data survei Central Connecticut State University (CCSU) yang merilis peringkat literasi bertajuk ‘World’s Most Literate Nations’ pada Maret 2016, dari 61 negara disurvei, Indonesia berada pada peringkat 60. Hanya Botswana yang diungguli Indonesia.

Presiden Direktur PT Jaya Ritel Indonesia Uli Silalahi mengatakan, Keadaan dunia yang semakin mengglobal membuat kita harus memperluas dan mepertajam pengetahuan kita terhadap informasi yang terus beredar, situasi ini menuntut kita agar lebih kritis dan memperbaiki kualitas diri, salah satu kuncinya adalah dengan membaca.

“Semakin banyak kita membaca, semakin banyak hal pula yang kita ketahui, karena buku adalah jendela dunia, untuk itu kami mengadakan Bazar Buku Big Bad Wolf ini dengan misi untuk meningkatkan minat baca,”katanya.

Lebih lanjut Uli mengatakan,acara ini diadakan bukan untuk mengikuti trend atau sekedar gaya-gayaan saja. Melihat banyaknya tumpukan buku di hadapan pengunjung justru membuat mereka lupa akan gadgetnya.

Pembeli yang datang tampak serius memilih buku yang ada di hadapannya, bahkan pengetahuan soal buku apa saja yang akan mereka beli sudah dicari tahu sebelumnya.

“Sejak awal tingginya pengunjung di acara BBW ini membuat saya terkejut. Hal ini membuktikan bahwa peminat baca buku masih tinggi. Melihat kondisi ini saya bersyukur karena adanya bazar ini membuktikan bahwa minat membaca masyarakat Indonesia yang katanya minim ini bisa mulai dikembangkan lagi,” ujarnya.

Kenaikan pengunjung juga dilihat dari data yang dimiliki oleh BBW. Uli mengatakan acara tahunan ini meningkat setiap tahunnya termasuk tahun ini.

Tahun 2016 target pengunjung 100 ribu dan yang datang mencapai 250 ribu, tahun 2017 target pengunjung 300 ribu dan yang datang mencapai 500 ribu, lanjut 2018 target pengunjung 600 ribu dan yang datang mencapai 750.000.

Untuk tahun ini targetnya satu juta dan yang datang mencapai satu juta dua puluh rima ribu.

“Untuk kunjungan di Bandung karena tempatnya lebih kecil kami menargetkan ada 250.000 pengunjung. Di hari kedua ini jumlah pengunjung sudah hampir 100 ribu,” ujarnya.

Berbagai macam buku dihadirkan pada Bazar ini seperti buku fiksi, non fiksi dan buku anak-anak. Berbeda dari tahun sebelumya Bazar Buku Big Bad Wolf meluncurkan buku terbaru yakni “Buku Ajaib”, buku tersebut merupakan buku anak-anak dengan karaker yang seolah-olah hidup melalui teknologi Augmented Reality (AR). Buku Ajaib ini terdiri dari 13 judul buku, 11 buku tersebut berbahasa Inggris dan dua diantaranya merupakan edisi Alif dan Sofia yang mengajarkan tata cara berwudhu, bacaan serta gerakan solat, dalam bahasa Indonesia yang hanya bisa didapatkan eksklusif di Bazar Buku Big Bad Wolf Indonesia.

Bazar Buku Big Bad Wolf juga menyediakan fasilitas penunjang seperti food court, pengunjung yang hadir dapat menikmati makanan ringan, makanan utama hingga makanan penutup, dan untuk memudahkan para pengunung yang hadir Bazar Buku Big Bad Wolf bekerja sama dengan damri yang akan beroperasi pada pukul enam pagi hingga pukul 11 malam. Terdapat dua penjemputan yakni dari alun-alun dan dari kota baru.

Comments

Komentar Disini