Yamaha Gelar Safety Riding Academy Untuk Pelajar di Bandung

0
174
Safety riding yamaha

Destinasi Bandung-Konsistensi Yamaha menggalakkan safety riding turut membangun generasi muda Indonesia. Sejalan dengan hal itu, diadakan safety riding untuk pelajar bekerjasama dengan Kepolisian Daerah (Polda) dan Badan Narkotika Nasional (BNN). Tingginya angka kecelakaan yang sebagian besar dialami kalangan pelajar akibat pelanggaran lalu lintas di jalan raya, yang menurut catatan terakhir Polantas Polda Metro Jaya di tahun 2014 sebanyak 5.966 kejadian, juga menjadi dasar diadakannya kegiatan safety riding ini.

Program kali ini dinamakan Yamaha Safety Riding Academy yang mulai dilakukan di bulan November 2015 untuk pelajar dan guru SMK & SMU di Bandung. Sebanyak 6 SMK dan SMU dimana satu sekolah diwakili 5 orang siswa dan 2 orang guru, ikut dalam program ini pada 3 – 4 November 2015 bertempat di Lapangan Polda Bandung. Selama dua hari diajarkan teori dan praktek safety riding. Teori diantaranya mencakup safety riding, berlalulintas dari usia dini sampai masyarakat umum, perilaku berkendara di jalan raya, menekan jumlah kecelakaan di jalan raya. Serta sosialisasi bahaya narkoba dan obat-obatan terlarang. Setelah itu peserta akan diuji dalam evaluasi pengetahuan safety riding dan diberikan sertifikat sebagai tanda telah mengikuti Yamaha Safety Riding Academy.

Yamaha Safety Riding Academy ini selanjutnya akan menjadi aktivitas reguler yang memiliki jenjang program mulai dari Basic Riding Class – Riders Class – Bikers Class. Dalam Basic Riding Class diajarkan pengenalan basic berkendara lalu lintas dengan pembina instruktur dari Yamaha dibantu pihak Korlantas. Setelah 6 bulan pembelajaran lalu naik tingkat ke Riders Class yang diberikan pengetahuan safety riding untuk pelajar yang lebih dalam perihal tata cara berkendara dengan baik dan benar. Berikutnya bisa sampai level Bikers Class setelah 6 bulan pembelajaran di Riders Class. Defensive riding dan program driving schooling dari Kepolisian diajarkan di Bikers Class. Lalu jika ada pelajar yang berminat dan memiliki keinginan untuk terjun ke dunia race maka akan disalurkan ke racer class.

Menurut Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing , Mohammad Masykur, Program Yamaha Safety Riding Academy ini merupakan bentuk kepedulian Yamaha dan Kepolisian terhadap generasi muda penerus bangsa. Dengan aktivitas ini turut membangun budaya safety penggunaan motor serta mengurangi jumlah kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas yang kerap dilakukan kaum muda.

“Di Bandung ini perdana digelar Yamaha Safety Riding Academy ini, diajarkan Basic Riding Class untuk pelajar yang akan mereka teruskan untuk diajarkan ke rekan-rekannya di sekolah. Tahap-tahap dalam program ini pun bisa mereka ikuti,”pungkasnya.  

Comments

Komentar Disini