16 Juta Dosis Bahan Baku Vaksin Covid-19 Tiba di Bio Farma Hari Ini dalam Bentuk Ready to Fill (RTF)

Juru Bicara sekaligus Corporate Secretary Bio Farma mengatakan total bulk vaksin asal Sinovac yang telah kita terima hingga saat ini sebanyak 53,5 juta vaksin, yang sudah mulai diproduksi secara bertahap di Bio Farma mulai 13 Januari 2021. Dari jumlah vaksin dalam bentuk bulk tersebut secara bertahap, akan menghasilkan lebih kurang 43 juta dosis produk jadi.

“Sejak pengiriman bahan baku vaksin Covid-19 yang pertama pada Januari 2021 yang lalu, hingga hari ini (25/3), kami sudah mulai memproduksi sejak 13 Januari 2021 dan sudah menghasilkan kurang lebih sebanyak 24 juta dosis, dan dari jumlah tersebut, vaksin Covid-19 yang diproduksi di Bio Farma, setelah mendapatkan lot rilis dari BPOM, sudah kami distribusikan sebanyak 16,98 juta dosis ke seluruh provinsi di Indonesia”, ungkapnya.

Baca Juga :  Peneliti SBM ITB: Pembangunan Pabrik Baterai Akan Dorong Permintaan Kendaraan Listrik

Bambang menambahkan, untuk bahan baku yang datang hari ini, akan mulai masuk ke proses produksi di Bio Farma diperkirakan pada 4 April – 16 April 2021 mendatang.

Jika dihitung dari tahap pertama hingga tahap ketujuh, vaksin yang telah diterima Indonesia baik dalam bentuk jadi dari Sinovac, bentuk bulk dari Sinovac dan yang dari vaksin AstraZeneca dari COVAX/GAVI, berjumlah kurang lebih ada 57,6 juta dosis vaksin.