Senin, April 29, 2024
BerandaBeritaJawa Barat Masih Tertinggal Kunjungan Wismannya Oleh Bali Dan Batam

Jawa Barat Masih Tertinggal Kunjungan Wismannya Oleh Bali Dan Batam

Destinasi Bandung-Memiliki banyak tempat wisata yang begitu beragam dengan keindahan panorama alamnya ternyata tidak membuat pariwisata di Jawa Barat berbanding lurus dengan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara. Ternyata Jawa Barat masih tertinggal dengan Bali dan Batam perihal jumlah pengunjung ku wisatawan mancanegara.

Hal tersebut di ungkapkan Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementrian Pariwisata, Rasana Aria di Bandung, Sabtu (1/8/2015). Menurutnya, Minimnya promosi sehingga pariwisata masih tertinggal oleh Bali dan Batam.

Lebih lanjut Rasana mengatakan, hingga saat ini Jabar masih menyumbangkan 10% kunjungan wisatawan mancanegara untuk tingkat nasional. Sedangkan target wisatawan mancanegara untuk tahun ini sekitar 10 juta sementara tahun 2016 sebesar 20 juta.

“Jika, Jabar menyumbangkan 10%, maka ada sekitar 1 juta atau 2 juta wisatawan mancanegara yang datang ke Jabar,”paparnya.

Dirinya berharap, Jabar bisa mempromosikan lebih baik lagi, seperti selling, advertising, MICE dan sebagainya. Terlebih kata dia, Bandung sudah menjadi destinasi mancanegara, terutama dari Malaysia dan Belanda.

“Di Bandung banyak destinasi wisata alam. Namun berbeda dengan di Bali dan Batam yang lebih mengandalkan destinasi hiburan, wisata di Bandung baru berdenyut saat akhir pekan,tapi pada hari biasa sepi. Ini yang harus digenjot lagi, jangan sampai kalah oleh Jogja dan Bali,”tambahnya.

Dia mengungkapkan harus ada inovasi dari kalangan penggerak maupun pengelola wisata termasuk pemerintahnya. Selama ini, diBandung dikenal dengan wisata kuliner dan budaya yang masih jadi daya tarik termasuk alamnya.

“Saya kira, perlu digelar berbagai festival, baik festival kuliner maupun budaya untuk menarik wisatawan mancangerara lebih banyak lagi,”ujarnya mengakhiri pembicaraan.

RELATED ARTICLES

Most Popular