Sabtu, April 13, 2024
BerandaBeritaUPI Mendorong Edukasi dan Implementasi Pemanfaatan TIK

UPI Mendorong Edukasi dan Implementasi Pemanfaatan TIK

Destinasi Bandung – Hadirnya beragam teknologi tidak bisa dihindarkan dalam proses kegiatan belajar mengajar, karenanya tantangan memajukan pendidikan Abad ke-21 di era digital merupakan tanggung jawab semua stakeholder pendidikan untuk memajukan sektor ini. Seiring dengan hal tersebut Direktorat TIK Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggelar expo pendidikan dan diskusi Next Generation Education yang bertajuk ‘Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pendidikan Yang Maju, Mandiri dan Berdaya Saing di Era Digital’ di Kampus UPI, Bandung, Selasa (2/9/2015)

Expo pendidikan ini didukung oleh Acer Indonesia, Intel Indonesia, Microsoft Indonesia, Telkom Indonesia, Certiport Indonesia, Ruchus Wireless dan Infosis BLU yang memiliki komitmen bersama untuk mendukung kemajuan pendidikan berbasis TIK di Indonesia.

Menurut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Jawa Barat sebagai salah satu propinsi tertua di Indonesia memiliki tempat yang stategis sebagai penyangga ibu kota, populasi masyarakatnya terbesar, sosial budayanya beragam, pembangunan disegala aspek mengalami pertumbuhan yang pesat. “Oleh karena itu telah menjadi suatu keharusan bahwa Jawa Barat masa yang akan datang melalui dunia pendidikan harus menciptakan Jawa Barat yang maju, mandiri, dinamis dan sejahtera,”ujarnya.

Sementara itu Prof. H. Furqon, MA., Ph.D, Rektor UPI mengatakan, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi menuntut institusi pendidikan bersifat terbuka dan cepat beradaptasi dalam memenuhi kebutuhan Bangsa Indonesia yang mandiri, maju, memiliki daya saing dan berkarakter.

“Untuk itu UPI sebagai salah satu komponen bangsa yang bergerak dalam dunia pendidikan siap untuk mengimplementasikan dan mensinergikan kurikulum dan proses pembelajaran yang inovatif untuk kemajuan bangsa. Melalui kegiatan ‘Next Generation Education’ ini, kami berharap dapat memanfaatkan lebih jauh peran TIK dalam hal pengelolaan institusi pendidikan. Peran yang dimaksud adalah memudahkan institusi pendidikan untuk menyediakan layanan informasi untuk para peserta didik, orang tua dan masyarakat dengan lebih efisien, efektif, dan optimal,”bebernya.

Menurut Presiden Direktur Acer Indonesia Herbet Ang, Kami bangga dapat memfasilitasi sekaligus ikut serta mendukung penggunaan TIK bagi sektor pendidikan di Jawa Barat. Acer memiliki komitmen untuk membantu dunia pendidikan dalam proses belajar mengajar berbasis TIK agar kualitas pendidikan di Indonesia semakin lebih baik.

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular