Kamis, Mei 2, 2024
BerandaHeadlineKampung Wisata Cipaku Untuk Kamu yang Suka Kesenian Serba Bambu

Kampung Wisata Cipaku Untuk Kamu yang Suka Kesenian Serba Bambu

Destinasi Bandung—Kampung wisata unik dan menarik ada di Jalan Cipaku Indah XII No. 8, Kelurahan Ledeng, Kecamatan Cidadap. Namanya Kampung Wisata Eco Bambu Cipaku. Kampung ini menawarkan barang kesenian serba bambu, dan berbagai kesenian khas Jawa Barat, terutama pencak silat. Kampung wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.30 hingga 18.00.

Pengunjung tak hanya disuguhi gelaran pertunjukan tapi bisa merasakan langsung bagaimana sejarah, membuat dan memainkan angklung atau alat musik tradisional lainnya di sini. Selain itu di sini biasa diselenggarakan permainan anak tradisional.
Kampung Cipaku ini memang dirancang untuk mengedukasi para pengunjungnya. Pengunjung tak hanya menyaksikan, tapi juga dilibatkan seuai dengan misi pembangunan kampung ini yang berorientasi pada edukasi bukan hanya sebagai tontonan akan tetapi tuntunan bagi semua kalangan masyarakat Jawa Barat, nasional, dan mancanegara.

Kampung seni Cipaku / Destinasi Bandung
Kampung seni Cipaku / Destinasi Bandung

Kampung Wiasata Eco Bambu Cipaku ini juga turut serta menjaga lingkungan dengan cara menanam bambu produksi dan sekaligus budidaya bambu melalui pembibitan, dan museum bambu.

Pendirian kampung wisata ini mulai dirintis oleh pendiri Sanggar Seni dan Budaya Eco Bambu Cipaku yakni Andreas Wihardja dengan dibantu oleh pemilik PT. Cipaku Indah pada tahun 2012 lalu.
Kata Andreas kepada wartawan destinasi Bandung bahwa peresmian Kampung Wisata Eco Bambu berbarengan dengan peluncuran Kampung Belekok di Kecamatan Gedebage, Kampung Pindad di Kecamatan Kiaracondong, Kampung Batik di Kecamatan Cibeunying Kaler, Kampung Barongsai di Kecamatan Astanaanyar, Kampung Tahu di Kecamatan Babakan Ciparay, Kampung Toge di Kecamatan Bandung Kulon, Kampung Wisata di Kecamatan Bandung Kidul, Kampung Peuyeum di Kecamatan Mandalajati dan Kampung Braga di Kecamatan Sumur Bandung.
Dia mengatakan, pendiriannya bertujuan untuk memperkenalkan kembali seni dan budaya sunda ke generasi penerus. Areal ini merupakan kawasan wisata edukasi, seni dan budaya sunda yang bisa diterima semua kalangan masyarakat, juga merupakan salah satu bentuk dukungan pada program Pemerintah Kota Bandung mewujudkan Bandung sebagai tujuan wisata dunia.

Harapannya, bahwa mudah-mudahan Kampung Wisata Eco Bambu Cipaku ini bisa menarik para wisatawan baik dalam dan luar negeri dalam belajar dan menimba ilmu pada seni dan budaya sunda yang kini sudah mulai memudar di Kota Bandung.

RELATED ARTICLES

Most Popular