Rabu, Mei 1, 2024
BerandaHeadlineEs Shanghai Fadhillah, Menu Buka Puasa Favorit Wargi Bandung

Es Shanghai Fadhillah, Menu Buka Puasa Favorit Wargi Bandung

Destinasi Bandung-Menjalani Ibadah puasa benar-benar mengikis tenaga umat muslim. Berbagai tajil yang disunahkan manis begitu menggoda selera ketika berbuka puasa. Tentu, bukan hanya kolak hangat yang tersaji di Bulan Ramadhan ini. Satu sajian dingin yang cocok untuk berbuka adalah sup buah, sering dikenal sebagai Es Shanghai di Bandung.

Satu sajian terkenal es shanghai di Bandung adalah Es Shanghai dan Duren Fadhilah. Di kedai yang sempat menjadi idola sup buah di daerah Dago. Saking terkenalnya, kedai ini pernah diliput oleh stasiun TV Nasional. Tidak mengherankan, karena antrian panjang (lebih dari 20 meter) menjadi pemandangan khas pada bulan Ramadhan.

Es Shanghai Fadhillah / Destinasi Bandung
Es Shanghai Fadhillah / Destinasi Bandung

Kini, antrian tersebut sudah tidak terjadi lagi karena kedai sudah membuka dua tempat di Tubagus, yaitu tepat di pertigaan Tubagus – Dago dan Jl. Tubagus Ismail Raya, sehingga antrian pun tidak membludak. Sesuai dengan kultur jajanan Bandung, para penikmat kuliner yang beragama Islam tentu tidak ingin melewatkan kesempatan ini, terlebih ketika haus begitu mendera pada sore hari menjelang buka.

Es Shanghai Fadhillah / Destinasi Bandung
Es Shanghai Fadhillah / Destinasi Bandung

Sup buah yang tersedia pun cukup sederhana namun berporsi banyak. Satu mangkuk es buah berkuah susu dan gula ini terisi oleh berbagai potongan buah. Buah yang digunakan diantaranya adalah semangka, melon, apel dan satu biji anggur merah. Potongan buah yang padat namun lembut, berpadu dengan dinginnya es, sungguh menyegarkan dahaga setelah menjalani puasa seharian. Jika pelanggan menginginkan sensasi rasa lain, beberapa biji buah durian yang khas aromanya dapat dipesan, menambah lengkapnya sup dengan banyak kombinasi buah ini.

Dengan berat mencapai 300 hingga 500 gram per mangkuknya, sup buah seharga Rp 10.000 (tanpa duren) ini tidak hanya menyegarkan tenggorokkan, tetapi cukup untuk mengganjal perut. Porsi yang berlebih ini cocok bagi umat muslim yang ingin melanjutkan ibadah di bulan Ramadhan tanpa banyak melahap makanan ketika berbuka. Khusus untuk bulan Ramadhan, Es Shanghai dan Duren kini buka mulai pukul 15.00 hingga 20.00, menyesuaikan jadwal umat muslim dalam menjalani ibadahnya.

RELATED ARTICLES

Most Popular