Kamis, Mei 2, 2024
BerandaEvent & PromoUOB Kembali Hadirkan Kompetisi Painting of the Year 2016

UOB Kembali Hadirkan Kompetisi Painting of the Year 2016

Destinasi Bandung-UOB Kembali Hadirkan Kompetisi Painting of the Year 2016. Bank UOB Indonesia kembali menggelar kompetisi UOB Painting of The Year tahun 2016. Seniman-seniman Indonesia kembali mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan karya mereka melalui kompetisi yang telah diadakan untuk ke enam kalinya sejak tahun 2011.

UOBI menghadirkan rangkaian Art Talk dengan tema “Membingkai Sensibilitas dalam UOB Painting of the Year—Pengaruh kompetisi terhadap perkembangan seni rupa Indonesia” Selasa, 28 Juni 2016, bertempat di Roemah Seni Sarasvati, Bandung,Selasa (28/6/2016).

Acara tersebut di hadiri oleh Agung Hujatnikajennong, salah satu juri kompetisi UOB Painting of the Year 2016 dan seniman R.E. Hartanto.

Menurut Agung, Sebuah kompetisi seni lukis hari-hari ini harus menjadi arena pengujian kembali bagi para pengamat dan pelukis sendiri. “Bagaimana mempersoalkan seni lukis, bukan hanya sebagai medium artistik yang berhubungan dengan teknik, idiom dan material, tapi juga sebagai jalan untuk mendefinisikan kembali seni lukis di tengah perkembangan mutakhir yang sangat beragam,”katanya.

Sebelumnya , dalam lima tahun keterlibatan Indonesia dalam kompetisi ini (2011-2015), perupa Indonesia sudah tiga kali merebut hadiah utama “Southeast Asian Painting of The Year”. Posisi bergengsi ini pertama kali diraih oleh Y. Indra Wahyu pada tahun 2012. Pada tahun 2014, posisi tersebut diraih oleh Antonius Subianto, dan pada 2015, dimenangkan oleh Anggar Prasetyo.

“Ini jelas merupakan prestasi yang membanggakan. Di wilayah Asia Tenggara, Indonesia memang memiliki potensi seni rupa paling kuat terutama karena skala geografis dan demografisnya yang besar, didukung oleh pranata yang bisa dikatakan cukup lengkap alih-alih segala keterbatasannya,”pungkasnya.

RELATED ARTICLES

Most Popular