Senin, April 29, 2024
BerandaBeritaKota Bandung Tuan Rumah Smart City Forum 2016

Kota Bandung Tuan Rumah Smart City Forum 2016

Destinasi Bandung – Kota Bandung Tuan Rumah Smart City Forum 2016 . Kota Bandung terpilih menjadi tuan rumah Smart City forum 2016 yang akan di hadiri oleh Wali Kota dan Bupati se Indonesia 2-3 September mendatang.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berharap smart City Forum dimanfaatkan oleh para kepala daerah untuk mengadopsi aplikasi yang akan diberikan Kota Bandung. “Untuk membangun bangsa perbanyak kolaborasi dan kurangi kompetisi,” ujar Emil panggilan Ridwan Kamil saat Pra-Event Indonesia Smart City Forum 2016 di Hotel La Grande, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Senin (15/8/2016).

Lebih lanjut Emil mengatakan, Kota Bandung telah membuat 315 aplikasi dengan biaya yang dikeluarkan Rp 40 miliar.
Dia berharap agar aplikasi bisa diterapkan di daerah lain sesuai karakter masing-masing daerah.
“Smart City Forum merupakan momen bersejarah bagi Kota Bandung karena bisa memberi hibah teknologi pada beberapa Kabupaten dan Kota, saat ini segala macam urusan dari berbagai aspek dapat diakses secara digital tapi aspek pemerintahan masih terkesan jadul dan tertinggal,'”ujarnya.

Smart city ini, kata Emil sebagai upaya untuk mengejar ketertinggalan itu. Mudah-mudahan pola pikir ini dipahami oleh Kepala Daerah lain di Indonesia.

“Smart City ini secara keseluruhan ada tiga. Pertama, mendigitalisasi urusan seperti dokumen, arsip, peta lokasi, dan lain-lain. Kedua, meningkatkan interaksi agar warga dapat menyampaikan komplain dan apresiasi. Yang ketiga adalah tahap yang paling sulit yaitu Machine to Machine. Untuk menghemat dana untuk kota dan kabupaten tidak perlu membuat karena Kota Bandung akan membagi secara gratis. “Di Indonesia ada 500 kota jika semua belanja yang sama membuat softwere yang sama dana akan terbuang mubazir tapi jika kolaborasi bisa menghemat Rp 45 triliun,” ujar Emil.

Smart City Forum 2016 Bandung rencananya akan dibuka Wakil Presiden Yusuf Kalla, selain para kepala daerah juga tiga Menteri akan hadir.

RELATED ARTICLES

Most Popular