Selasa, April 30, 2024
BerandaHeadlineMenelusuri Gang Tamim, Sentra Kain Murah di Kota Bandung

Menelusuri Gang Tamim, Sentra Kain Murah di Kota Bandung

Destinasi Bandung- Menelusuri Gang Tamim, Sentra Kain Murah di Kota Bandung . Bandung tidak hanya terkenal sebagai Kota dengan segudang Kulinernya. Tetapi sebagai Sentra Kain dengan harga yang relatif murah di Provinsi Jawa Barat. Tempat ini sudah sangat terkenal bagi masyarakat Kota Bandung mulai dari Remaja hingga Orang tua. Jika anda penyuka Celana yang berbahan dasar dari Jeans, anda wajib datang ke tempat ini.

Gang TaMim / Destinasi Bandung
Gang TaMim / Destinasi Bandung

Gang Tamim, itulah tempat dengan segudang macam kain yang ada di Kota Bandung dengan harga yang sangat murah, tidak hanya menjual kain Jeans, di tempat ini anda akan menemukan berbagai macam kain, seperti batik, flannel, wol, cino, katun, dan banyak lagi. Selain bermacam-macam model, anda akan menemukan kain dengan berbagai macam merk yang dijual di sepanjang jalan ini.

Gang Tamim / Destinasi Bandung
Gang Tamim / Destinasi Bandung

Konon, Gang Tamim ini sudah menjadi Sentra jeans di Kota Bandung sejak tahun 1960, berawal dari seorang pengusaha bernama Haji Tamim yang berhasil sukses di kawasan Pasar Baru. Dengan kesuksesannya, warga sekitar pun mulai mengikuti jejaknya. Sekarang, wilayah ini penuh dengan toko yang menjual kain, tak heran jika wilayah ini disebut sebagai Sentra Kain di Kota Bandung selain Pasar Baru.

Gang Tamim / Destinasi Bandung
Gang Tamim / Destinasi Bandung

Seiring berjalannya waktu, Sentra penjualan di Gang Tamim ini semakin berkembang. Terbukti jenis kain lainnya yang dijual di wilayah ini adalah spandek sebagai bahan membuat hijab yang saat ini sedang tren di kalangan perempuan berjilbab, parasit, brukat, berbagai jenis kain sprei, dan banyak lagi. selain itu bagi Anda yang ingin mencari kancing, resleting, dan aksesori lainnya, di Gang Tamim juga bisa Anda dapatkan.

Gang Tamim / Destinasi Bandung
Gang Tamim / Destinasi Bandung

Selain sebagai sentra kain, di Gang Tamim, anda juga bisa menemukan penjahit-penjahit dengan kualitas yang tidak diragukan lagi. Anda bisa membuat atau permak pakaian dan celana dengan jenis kain apa saja. Anda bisa membeli sekaligus membuat pakaian dan celana langsung di penjahitnya dengan harga yang lebih murah. Dibandingkan jika anda membelinya di Toko.

Gang Tamim / Destinasi Bandung
Gang Tamim / Destinasi Bandung

Soal harga tak usah di khawatirkan lagi, karena belanja di Jalan Tamim sama dengan harga pasar Tradisional, dan tentunya ada beberapa tempat yang bisa ditawar. Bahan kain eceran di wilayah ini bervariasi dan tergantung dengan jenis kainnya. Sebagai gambaran, bahan kain eceran antara Rp 40.000 sampai 80.000 per meternya (tergantung jenis kain yang anda cari). Sedangkan ongkos pembuatannya antara Rp 35.000 hingga 75.000 (tergantung model yang ingin anda buat).

Gang Tamim / Destinasi Bandung
Gang Tamim / Destinasi Bandung

Kain-kain tersebut dipasok dari beragai pabrik yang berdiri di Bandung Raya seperti kawasan pabrik Rancaekek, Dayeuhkolot, Cigondewah, hingga Majalaya. Pembelinya tidak hanya masyarakat Bandung, melainkan luar pulau jawa pun berburu ke tempat ini, bahkan turis Malaysia, India, dan Eropa.

Gang Tamim / Destinasi Bandung
Gang Tamim / Destinasi Bandung

Sangat mudah Untuk menuju gang Tamim, karena tempat ini berada persis dibelakang Pasar Baru Kota Bandung yang berdekatan dengan Stasiun selatan Kota Bandung serta Alun-alun Bandung. Namun jika anda membawa kendaraan mobil ataupun sepeda motor, alangkah baiknya kendaraan anda diparkirkan dan berjalan kaki menyusuri jalan Haji Tamim ini, dikarenakan padatnya aktifitas di wilayah tersebut dan tak jarang anda akan menemukan kemacetan.

RELATED ARTICLES

Most Popular