Selasa, April 30, 2024
BerandaEvent & PromoKreativitas Earth Hour 2021Cordela Hotes, Mulai dari Rangkai Lilin Hingga Virtual Meeting...

Kreativitas Earth Hour 2021Cordela Hotes, Mulai dari Rangkai Lilin Hingga Virtual Meeting Pemadaman Listrik

DESTINASI BANDUNG-Kreativitas Earth Hour 2021Cordela Hotes, Mulai dari Rangkai Lilin Hingga Virtual Meeting Pemadaman Listrik Tepat 27 Maret 2021 kemarin merupakan ‘Earth Hour’, aksi global yang menghimbau masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian bumi.

Seperti informasi dalam situs dan sosial media resmi Earth Hour dan World Wide Fund for Nature (WWF), menghemat pemakaian energi selama 60 menit atau lebih adalah wujud solidaritas masyarakat dan bentuk kepedulian terhadap bumi yang semakin menghadapi krisis dengan kondisi alam dan fauna yang terancam punah, salah satunya akibat ‘global warming’. Masyarakat di seluruh dunia dihimbau secara serempak memadamkan listrik, mulai dari lampu serta perangkat elektronik lain yang tidak prioritas selama satu jam mulai pukul 20:30-21:30 waktu setempat.

Seperti yang selalu dilakukan setiap tahunnya, hotel-hotel yang dikelola oleh Omega Hotel Management (OHM) juga turut mendukung aksi global Earth Hour ini, melalui aksi memadamkan listrik yang mengajak seluruh tamu yang menginap, sekaligus merangkai lilin di area publik hotel, dan virtual meeting bersama para karyawan yang sedang di rumah untuk ikut serta memadamkan listrik secara serempak.

Jeany Febriani, Corporate PR & Marcomm. Manager OHM mengutarakan antusias karyawan dan tamu hotel untuk mendukung program Earth Hour 2021, “Dari karyawan hingga tamu hotel, secara serempak memadamkan listrik mulai pukul 20:30-21:30 waktu setempat. Pandemi covid-19 ini memang membuat masyarakat menjadi semakin terbiasa untuk menerapkan beragam kegiatan secara digital. Tahun ini, banyak hotel yang dikelola OHM menjadi lebih kreatif, tak hanya merekam video dan foto aksi merangkai lilin dengan indah, ada juga yang membuat dokumentasi video aksi Earth Hour bersama karyawan yang sedang di rumah dan mau ikut serta mendukung aksi global pemadaman listrik ini via virtual meeting seperti yang dilakukan oleh Grand Cordela Hotel AS Putra Kuningan, Jawa Barat.”

Dengan global hashtag yang dihimbau dari situs Earth Hour dan WWF yaitu #Earthhour, dan tetap melakukan protokol kesehatan berupa social distancing, dan mengenakan masker, Cordela Hotels dan Alfa Resort mengunggah video dan foto-foto terbaiknya di sosial media, serta mengajak masyarakat untuk hemat listrik, air dan sumber daya energi lainnya.

Lukmanul Hakim, Corporate Regional Manager OHM juga menerangkan, “Aksi hotel-hotel dalam Earth Hour ini berlangsung sangat aman dan tidak mengurangi kenyamanan tamu. Momen ‘save energy’ dalam program Earth Hour ini telah diinformasikan lebih awal kepada seluruh tamu hotel, dan terbuka mengundang siapa saja yang ingin berpartisipasi mendukung Earth Hour. Selama momen menyalakan lilin pun, selalu ada karyawan hotel yang standby untuk menjaga situasi agar tetap aman dan tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat”.

Selama pandemi, seluruh hotel yang dikelola OHM juga terus mengikuti anjuran pemerintah untuk mencegah penyebaran covid-19 melalui pembatasan kapasitas ruang untuk acara berskala terlalu besar. Sistem social distancing diberlakukan di berbagai area publik dalam hotel seperti, restaurant, café ataupun ruang meeting. Hotel-hotel OHM juga menyediakan fasilitas touch less, dengan adanya menu QR code yang dapat di scan melalui smartphone, agar tamu dapat lebih higienis dalam mengakses menu restaurant hingga menu Directory of Service yang ada di setiap kamar.

Lukman juga menambahkan, seluruh Cordela Hotel dan Alfa Resort terus mendukung upaya pemerintah dalam menghentikan penyebaran virus covid-19. Seluruh hotel yang dikelola OHM sudah mendapatkan sertifikat C.H.S.E (Clean, Health, Safety, Environment) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, sebagai jaminan kepada wisatawan dan masyarakat bahwa produk dan pelayanan yang diberikan hotel memang sudah memenuhi protokol kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan.

Selama Earth Hour, sebagian dari lampu luar menyorot ke bangunan dimatikan, serta beberapa area publik hotel mulai dari lampu sorot gedung, lobby & lounge, restoran hingga area parkir dipadamkan selama 1 jam. Ia mengharapkan agar program peduli bumi ini tidak hanya diwujudkan dalam bentuk hemat penggunaan listrik, air ataupun sumber energi lainnya, tetapi juga terus menjaga kelestarian lingkungan melalui aksi penghijauan dan tertib menjaga kebersihan. “Mari kita terus ingat untuk ‘Connect to Earth’ dan peduli dengan kelestarian lingkungan dimana kita tinggal. Meski kita masih dilanda pandemi, kepedulian kita dengan bumi juga tetap harus kita terapkan.”, tutupnya.

Hotel-hotel yang dikelola OHM saat ini terdiri dari 15 hotel dengan brand Alfa Resort, Grand Cordela Hotels, Cordela Hotels, Cordela Inn dan Cordex Hotel, yang terletak di Bandung (Soekarno Hatta), Cirebon (Cipto Mangunkusumo), Puncak (Cisarua), Jakarta (Ancol dan Senen), Medan (H.M. Yamin, AR. Hakim, Millennium ICT Center), Kuningan (Siliwangi), Yogyakarta (Malioboro), Pangkalpinang (Hamidah), Palembang (R. Sukamto), Pekanbaru (KH. Wahid Hasyim), Bengkulu (Jenderal Sudirman), dan Sidoarjo (KH. Ali Mas’ud).

RELATED ARTICLES

Most Popular