Selasa, April 30, 2024
BerandaBisnisAsosiasi Travel Agen Indonesia (ASTINDO) Gelar Munas ke 5 di Bandung, Siap...

Asosiasi Travel Agen Indonesia (ASTINDO) Gelar Munas ke 5 di Bandung, Siap Mengawal Pemulihan Pariwisata Indonesia

DESTINASI BANDUNG-ASTINDO Gelar Munas ke 5 di Bandung, Siap Mengawal Pemulihan Pariwisata Indonesia. ASTINDO (Asosiasi Travel Agen Indonesia) akan menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) yang ke-5 pada tanggal 8 Juni 2021 di eL Hotel Royale, Bandung.

Munas ASTINDO ke 5 akan memilih Ketua Umum untuk memimpin ASTINDO selama empat tahun ke depan, yaitu 2021 hingga 2025.

Munas ASTINDO ke 5 yang sosialisasinya sudah disampaikan kepada anggota sejak 45 hari sebelum hari H, mengusung tema “Profesionalisme dan Semangat Gotong Royong ASTINDO Mengawal Pemulihan Pariwisata Indonesia” dengan agenda lainnya adalah membahas dan menetapkan Program Kerja untuk Pengurus berikutnya.

Ketua Umum ASTINDO periode 2016-2020 Elly Hutabarat, mengatakan Pembukaan Munas
ASTINDO ke-5 di Bandung rencananya akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Perhubungan, dan Deputi Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia.

“Sejalan dengan situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sampai saat ini, Munas ASTINDO kali ini diselenggarakan secara hybrid, yaitu perpaduan hadir secara langsung dan hadiri secara virtual, dengan melaksanakan protokol kesehatan sesuai arahan Pemerintah,” papar Elly.

ASTINDO menyelenggarakan Munas setiap 4 (empat) tahun sekali sesuai aturan main pada AD/ART asosiasi, dengan kriteria kandidat Ketua Umum dipilih dari pimpinan Travel Agent anggota ASTINDO yang pernah menjadi pengurus ASTINDO minimal 2 (dua) tahun, dan memiliki jaringan kerjasama baik didalam maupun diluar negeri, serta memiliki wawasan luas dan mampu berperan aktif mewakili ASTINDO di level nasional maupun internasional.

Ketua umum terpilih nantinya diharapkan dapat berperan dalam membangkitkan kembali industri pariwisata Didirikan pada tanggal 10 Nopember 1999, ASTINDO sampai saat ini telah memiliki Dewan Pengurus Daerah (DPD) yang tersebar di 23 (dua puluh tiga) propinsi di Indonesia yaitu Jakarta, Bali, Jawa
Timur, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Maluku (Ambon), Maluku Utara(Ternate), Aceh, Nusa Tenggara Barat (NTB), Riau, Bengkulu, Kalimantan Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Utara,
Bangka Belitung, Jambi, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Timur, Kepulauan Riau, dan Lampung.

Selama kiprahnya sebagai asosiasi yang menaungi pelaku usaha Travel Agent di Indonesia, ASTINDO aktif menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat bagi anggotanya khususnya pada industri pariwisata. Beberapa program kerja yang telah dilaksanakan diantaranya mendirikan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Air Transport Distribution Services & Agencies (ATDA) yang telah men￾Sertifikasi Kompetensi SDM Travel Agent di 14 (empat belas) provinsi.

Selain itu juga menyelanggarakan pameran wisata (consumer show) ASTINDO Travel Fair secara rutin setiap tahun sejak tahun 2011 sampai dengan Februari 2020.

Mendirikan ASTINDO Training Center (ATC) pada tahun 2013 yang saat ini telah melatih 791 peserta dari berbagai propinsi di Indonesia, dan masih banyak program kerja lainnya.

Di masa pandemi Covid-19, ASTINDO tetap aktif melaksanakan berbagai kegiatan yang mendukung anggota dan industri pariwisata, diantaranya menyelenggarakan B2B, yaitu ASTINDO Virtual Travel Mart Nusantara dan ASTINDO Virtual Travel Mart Indonesia, dengan mendatangkan para Buyer Manca Negara dan Buyer Domestik untuk segera membangkitkan Pariwisata Indonesia.

Untuk meningkatkan networking, ASTINDO aktif menjadi anggota dan duduk dalam kepengurusan
pada sejumlah asosiasi dan organisasi nasional dan internasional, seperti Kamar Dagang Indonesia (KADIN), Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Federation of ASEAN Travel Association (FATA), ASEAN Tourism Association (ASEANTA), World Travel Agent Association Alliance (WTAAA), dan World Tourism Alliance (WTA).

Menurut Ketua Panitia Pengarah (SC) Munas ASTINDO ke-5 Anton Sumarli, Munas ASTINDO di
Bandung kali ini akan diikuti oleh anggota Dewan Pengurus Pusat (DPP) dan perwakilan Dewan Pengurus Daerah (DPD) dari 23 propinsi di Indonesia yang hadir secara langsung dengan maksimal jumlah peserta 100 orang, dan 300 peserta lainnya akan hadir secara virtual.

Sosialisasi dan pendaftaran Bakal calon (Balon) Ketua Umum dilakukan secara online, sejak tanggal 10 Mei 2021 sampai dengan 24 Mei 2021.

Verifikasi terhadap Balon yang memenuhi syarat telah dilakukan oleh Team Verifikator dan hasilnya telah disampaikan kepada anggota melalui DPD nya masing-masing.

Seluruh DPD sepakat mendukung calon tunggal yang telah lolos verifikasi tersebut yaitu Pauline Suharno untuk diusung menjadi Ketua Umum periode berikutnya.

RELATED ARTICLES

Most Popular