Jumat, Mei 3, 2024
BerandaGaya HidupBrand Fashion Lawlaka Milik Ronal Surapradja Terinspirasi dari Shalat Jumat

Brand Fashion Lawlaka Milik Ronal Surapradja Terinspirasi dari Shalat Jumat

DESTINASI BANDUNG-Pandemi membuat artis dan komedian Ronal Surapradja lebih banyak memiliki waktu untuk membuat brand fashion Lawlaka.

Ide membuat brand fashion Lawlaka tersebut sejalan dengan kesukaan Ronal Surapadja terhadap kain nusantara seperti batik, lurik, tenun.

“Corat coret berubah jadi desain yang lebih serius, termasuk eksplorasi motif batik, lurik, dan tenun dari berbagai daerah di Indonesia. Hasilnya ide mengalir deras. Saya kira selain passion ada campur tangan illahiyah didalamnya,” ujar Ronal Surapradja saat pameran Lawlaka di Paskal 23 Bandung.

Uniknya desain Lawlaka itu limited, dalam artian bukan model artikelnya tapi motif batik, lurik, atau tenunnya tidak diproduksi dalam jumlah banyak.

Model bisa sama tapi motif dan warna bisa berbeda.

Dalam perkembangannya lebih banyak desain untuk daily yang bisa dipakai di berbagai kegiatan.

Brand Fashion Lawlaka Milik Ronal Surapradja Terinspirasi dari Shalat Jumat

Lawlaka bisa menjadi jawaban untuk mereka yang menyukai kain nusantara tapi tidak seperti baju batik umumnya dimana pola batik ada di seluruh pakaian.

Itulah kenapa Lawlaka hanya menggunakan kain nusantara sebagai aplikasi untuk menghindari kebosanan pola yang repetitif.

Hal itu membuat desain terlihat
modern sekaligus menunjukan jati diri bangsa di saat bersamaan.

Pemaknaan nilai keindahan itu pun diaplikasikan Ronal dalam menggunakan pakaian hasil kreasinya sendiri untuk digunakan saat berangkat menunaikan salat Jumat di masjid.

“Awalnya saya cuma buat sarung dipadukan dengan kain nusantara dan itu desainnya saya gambar sendiri. Saya belanja kain sendiri di pasar Mayestik Jakarta Selatan dan datang ke penjahit langganan,” kata Ronal.

“Kenapa saya menamakan brand fashion saya ini Lawlaka? Lagi lagi diambil dari hadis. Kali ini dari hadis qudsi “lawlaka, lawlaka, maa khalaqtu al-aflaka” yang artinya ”Jika bukan karena engkau, jika bukan karena engkau (wahai Muhammad), Aku tidak akan menciptakan ufuk (alam) ini. Pandemi ini membuat sisi spiritualitas saya meningkat, “katanya.

Saat ini Lawlaka sedang terus menambah jumlah model dan artikel.

Produk Lawlaka bisa didapatkan secara online di Instagram @Lawlaka.Indonesia, website
www.lawlaka.com, e-commerce seperti Shopee (lainnya menyusul), agen dan distributor di banyak wilayah di Indonesia.

Sementara untuk departement store,
Lawlaka bekerjasama dengan Metro Plaza Senayan dengan harapan akan bertambah
di mall atau kota lainnya.

Satu tahun lalu Lawlaka dibuat dengan niat sederhana, berkarya dengan kain khas
nusantara. Satu tahun ini kami belajar bahwa membangun sebuah brand di saat yang
menantang ini tidaklah mudah, tapi kami bertahan dan berkembang berkat dukungan
pelanggan setia.**

RELATED ARTICLES

Most Popular