Hotel Nikko Bali dan Peternakan Penyu Bali Lecceria Melepasliarkan Tukik sebagai Aksi Program Keberlanjutan

0
250
Hotel Nikko Bali dan Peternakan Penyu Bali Lecceria Melepasliarkan Tukik sebagai Aksi Program Keberlanjutan

DESTINASI BANDUNG – Hotel Nikko Bali dan Peternakan Penyu Bali Lecceria Melepasliarkan Tukik sebagai Aksi Program Keberlanjutan.

Sebagai salah satu komitmen dalam melindungi lingkungan demi keberlanjutan, Hotel Nikko Bali Benoa Beach bekerjasama dengan peternakan penyu Bali Lecceria melepasliarkan tukik jenis olive ridley atau yang biasa dikenal dengan penyu lekang atau abu-abu.

Sebanyak 33 tukik berjenis penyu lekang ini menetas di peternakan penyu Bali Lecceria pada 5 Juni dan diikuti 17 tukik lainnya pada keesokannya. Tukik-tukik tersebut dilepas liarkan di pantai di depan Hotel Nikko Bali Benoa Beach pada 7 Juni 2022.

Menurut World Wild Fund, penyu jenis olive ridley ini memakan ikan, teripang, tanaman, dan juga ubur-ubur.
Namun sayangnya, penyu tidak dapat membedakan antara ubur-ubur dengan sampah plastik yang saat ini tengah banyak beredar di lautan sehingga mengancam kepunahan penyu omnivora ini.

“Untuk itu, selain melepasliarkan penyu menjadi program keberlanjutan di resor kami, program membersihkan pantai dari sampah plastik juga merupakan salah satu program keberlanjutan regular kami.” Ucap Masaya Hasebe, General Manager Hotel Nikko Bali Benoa Beach.

Lanjutnya, Pelepasan tukik ini merupakan yang ketiga kalinya bagi resor kami, yang pertama di tahun 2018 dan yang kedua di tahun 2021, telur-telur penyu di tahun tersebut kami temukan, menetas, dan dilepas liarkan tepat di pantai di depan resor kami.

Tahun ini, kami berkomitmen untuk merubah program keberlanjutan menjadi aksi nyata dengan berkolaborasi dengan peternakan penyu Bali Lecceria untuk memperluas aksi keberlanjutan.

Selain memperingati Hari Lingkungan Sedunia & Hari Laut Sedunia yang jatuh di bulan Juni setiap tahunnya, pelepasan tukik tahun ini juga bertepatan dengan perayaan hari suci umat Hindu Bali, yaitu Galungan.

Sehingga kami berharap melalui kegiatan dan aksi kecil ini yang telah kami lakukan secara regular dapat memberikan kontribusi bagi keberlanjutan planet yang kita tinggali.