Kamis, Mei 2, 2024
BerandaOtomotifTips Merawat Bagasi Dibawah Jok Sepeda Motor

Tips Merawat Bagasi Dibawah Jok Sepeda Motor

DESTINASI BANDUNG- Ruang bagasi di bawah jok menjadi fitur penting pada sepeda motor saat ini. Fitur ini sangat fungsional karena memudahkan pengendara saat membawa barang bawaan misal barang belanjaan, makanan dan lainnya.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman menjelaskan, Tapi kegunaan utama dari bagasi yang berada di bawah jok sepeda motor adalah sebagai sarana untuk menyimpan helm, sarung tangan, topi, tas kacamata atau perangkat berkendara lainnya supaya lebih aman ketika ditinggalkan saat parkir.

“Karena letaknya yang tertutup dan berada di bawah jok, area ini seringkali luput dari perhatian. Padahal bagasi di bawah jok sepeda motor juga harus dijaga kebersihannya, baik itu dari kotoran atau mungkin barang lainnya yang tersimpan lama di dalamnya,” ujar Ade.

Sama seperti bagian sepeda motor lainnya, bagasi di bawah jok sepeda motor juga harus dicuci sampai bersih. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mencuci bagian ini diantaranya :
Saat mencuci sepeda motor, banyak yang membiarkan air menggenang memenuhi wadah bagasi, hal ini jangan dilakukan karena ketika air tersebut dikuras, akan turun ke bagian mesin. Dikhawatirkan airnya bisa mengenai bagian kelistrikan, seperti socket, kabel, busi, injector dll.

Apalagi beberapa varian sepeda motor ada yang memiliki fitur power charger yang letaknya berada di dalam bagasi, dan komponen tersebut harus harus terhindar dari benda cair untuk menghindari kerusakan seperti korsleting, dll.

Saat mencuci gunakan air dan sabun secukupnya, dan jangan sampai masuk kedalam bagian tangki yang biasanya terletak di samping bagasi. Dan setelah selesai jangan lupa untuk menjaganya tetap kering dengan membersihkannya dengan lap kering atau kanebo yang bersih.

Perawatan bagasi di bawah jok sepeda motor sebenarnya cukup mudah, hanya dengan menjaga kebersihannya dengan jangan menyimpan barang-barang berbahaya, atau makanan dan minuman juga barang lainnya yang mudah tumpah.

Dan ketika sepeda motor ditinggalkan saat parkir, sangat disarankan untuk tidak menyimpan gadget serta remote smart key system di bagasi dibawah jok motor demi keamanan dan terhindar dari aksi pencurian.

Selain itu, barang yang disimpan di bagasi sebaiknya disesuaikan dengan kapasitasnya. Karena apabila berlebihan akan mengganjal jok sehingga akan susah untuk dikunci dan jok melenting ke atas.

RELATED ARTICLES

Most Popular