Rabu, Mei 1, 2024
BerandaGaya HidupInilah 7 Tips Hemat Belanja Online

Inilah 7 Tips Hemat Belanja Online

DESTINASI BANDUNG – Dengan kecanggihan teknologi saat ini, banyak hal yang bisa lebih mudah dan cepat dilakukan, bahkan dari rumah sekalipun. Salah satunya yaitu belanja online.

Di Indonesia sendiri, budaya belanja online terus berkembang. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya online marketplace yang seakan terus memanjakan konsumennya dengan promo-promo yang menggiurkan. Salah satunya yaitu Promo Bandung dimana konsumen bisa membeli barang-barang yang diinginkan dengan harga termurah.

Namun adanya kemudahan inilah yang terkadang membuat konsumen tidak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Pada akhirnya, mereka menjadi kebablasan saat berbelanja dan berakhir menyesal karena telah menghabiskan banyak uang.

Bila Anda ingin terhindar dari hal tersebut, terdapat beberapa tips hemat belanja online yang bisa diterapkan.Berikut dibawah ini informasinya

Tentukan Batasan Budget
Ketika Anda ingin belanja online dengan, maka pastikan Anda telah menentukan budgetnya terlebih dahulu. Dengan adanya budget, Anda bisa memiliki kontrol diri untuk tidak kebablasan saat belanja online nantinya.

Bila tidak memiliki batasan budget, maka bisa dipastikan Anda akan tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak butuh. Alhasil, Anda akan menjadi boros karena telah menghabiskan terlalu banyak uang.

Buat Daftar Belanja

Selain membuat batasan budget, Anda juga perlu membuat daftar belanja. Hal ini memang umumnya dilakukan oleh orang-orang yang biasanya belanja di pasar atau supermarket. Namun ternyata hal ini juga bisa Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran saat belanja online.

Oleh karena itu, sebelum mulai belanja, catat terlebih dahulu apa saja barang yang dibutuhkan dan ingin dibeli di toko online. Kemudian, gunakan catatan tersebut ketika Anda mulai berbelanja.

Dengan adanya daftar belanja ini, Anda akan memiliki semacam batasan atau kontrol agar membeli barang-barang yang dibutuhkan saja. Meskipun ada promo barang lain,namun jika barang tersebut tidak tercatat dalam daftar, maka Anda tidak akan tergoda untuk membelinya.

Pilih Toko Termurah dan Terpercaya

Tips hemat belanja online berikutnya adalah memilih toko yang menawarkan harga paling murah. Saat hendak belanja online, Anda akan menemukan banyak sekali pilihan toko di online marketplace.

Bila Anda ingin menghemat pengeluaran, maka pilihlah toko yang menjual barang dengan harga termurah dibandingkan toko lainnya.

Tidak hanya dari segi harga, jangan lupa juga untuk mempertimbangkan kualitas toko dan review atau ulasan dari pembeli-pembeli sebelumnya. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan harga paling murah namun dengan kualitas yang baik.

Saat memilih toko, pastikan juga toko tersebut memiliki reputasi baik. Pasalnya, online marketplace memberikan kebebasan kepada siapapun untuk menjadi berjualan secara online.

Hal inilah yang terkadang memancing oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan. Oleh karena itulah, dengan berbelanja di toko yang bereputasi baik, maka Anda bisa terhindar dari hal tersebut.

Tips lainnya yang bisa Anda ikuti yaitu pastikan Anda tidak langsung mengirimkan uang ke rekening pribadi penjual saat melakukan transaksi melalui online marketplace.

Hal ini dikarenakan pengiriman uang tersebut tidak dapat dilacak dan terjadi di luar pengetahuan online marketplace tersebut. Jika ternyata transaksi tersebut ternyata merupakan penipuan, maka situs tersebut tidak dapat membantu Anda.

Manfaatkan Voucher
Tips hemat belanja online berikutnya yang cukup efektif yaitu dengan memanfaatkan voucher. Saat ini, banyak online marketplace menawarkan pilihan voucher yang menguntungkan.

Anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang lebih murah.

Caranya yaitu sebelum check out, hitung terlebih dahulu jumlah uang yang harus dikeluarkan lewat invoice belanja online Anda. Nantinya Anda tinggal memilih voucher mana yang paling dirasa menguntungkan lewat perhitungan invoice tersebut. Biasanya online marketplace telah menyediakan fitur tersendiri untuk mengecek dan memilih voucher yang bisa digunakan saat berbelanja.

Belanja Saat Ada Diskon
Selain memanfaatkan voucher, Anda juga bisa menunggu waktu diskon demi menghemat pengeluaran saat belanja online. Untuk mengetahui waktu diskon tersebut, Anda bisa mengunduh beberapa aplikasi online marketplace di HP Anda dan nyalakan notifikasi.

RELATED ARTICLES

Most Popular