Hindari Maraknya Penipuan Berkedok Sewa Kos, Begini Tipsnya

0
373
Hindari Maraknya Penipuan Berkedok Sewa Kos, Begini Tipsnya

DESTINASI BANDUNG– Selain dampak positif, kemajuan teknologi juga ternyata membawa efek buruk jika disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Salah satunya adalah modus penipuan dalam bisnis kos-kosan.

Belakangan ini, tindak kriminal penipuan berkedok penyewaan kos marak terjadi. Dari sisi penyewa kos diantaranya, pemilik kos palsu yang meminta pembayaran diawal, meminta melakukan pembayaran diluar platform Mamikos dan pihak yang ditransfer bukan pemilik kos yang sebenarnya, serta kos fiktif setelah dilakukan peninjauan ke lokasi kos tersebut. Sedangkan dari sisi pemilik kos yang terjadi adalah modus kelebihan transfer hingga penyalahgunaan foto iklan kos.

Kristianto Lukman, Pemilik Kos Graha Setiabudi Bandung, menceritakan pengalamannya terkait penyalahgunaan foto kos miliknya. Kristianto berupaya melaporkan iklan kos palsu tersebut, namun kewalahan karena terdapat beberapa iklan kos palsu yang bermunculan seperti di social media & Google Maps.

Menghadapi kondisi tersebut, Kristianto mendokumentasikan pelaporan yang telah dilakukan kemudian membuat pengumuman yang bertujuan untuk mengantisipasi tindak penipuan lainnya. Selain itu, dokumentasi tersebut juga bisa digunakan untuk menjelaskan kepada calon penyewa kos bahwa dirinya telah berusaha mencegah penipuan yang ada.

Berikut beberapa panduan bagi mitra Mamikos yang dapat dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan foto kos:
● Mengganti foto-foto kos di Google Maps dengan versi yang ber- watermark. Hal tersebut memberikan perlindungan karena tidak mudah dicuri atau diklaim oleh pihak lain.
● Jika mitra Mamikos belum memiliki foto kos yang telah diberi watermark Mamikos, mitra dapat mengunduhnya dari listing yang ada di Mamikos.
● Dengan menggunakan foto ber- watermark Mamikos di Google Maps, calon penyewa kos dapat melakukan verifikasi kontak kos ke listing yang ada di Mamikos.
● Foto yang sudah ber-watermark tidak dapat diupload ulang di Mamikos, sehingga penipu pun tidak dapat memanfaatkan foto kos anda untuk membuat listing fiktif.

Cara mengunduh foto listing di Mamikos:
● Melalui desktop: Buka halaman listing kos, klik pada foto kos yang ingin diunduh, kemudian klik dua kali pada foto tersebut, dan pilih opsi Simpan Gambar/Save Image.
● Melalui perangkat seluler: mitra Mamikos dapat mengambil tangkapan layar atau screenshot dari foto tersebut.

Baru-baru ini Mamikos menghadirkan fitur ”Lihat Profil Penyewa”, fitur terbaru dari GoldPlus 2 bagi mitra Mamikos yang bisa memberikan informasi awal tentang calon penyewa. Seperti informasi kapan akun tersebut pernah dibuat, lalu juga informasi apakah calon penyewa tersebut sudah pernah bertransaksi di Mamikos dan terakhir nanti nya Mitra Mamikos juga dapat melaporkan penyewa kos mereka yang memiliki reputasi kurang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here