Veda Bawa Astra Honda Juara Race 1, Juara AP250 Ditentukan Hingga Race Akhir

0
216
Veda Bawa Astra Honda Juara Race 1, Juara AP250 Ditentukan Hingga Race Akhir

DESTINASI BANDUNG – Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) Veda Ega Pratama berhasil meraih podium pertama pada race pertama Asia Road Racing Championship (ARRC) kelas Asia Production (AP250) yang digelar di Chang International Circuit, Buriram, Thailand.

Raihan ini semakin memperlebar jarak ketiga pebalap Astra Honda yakni Veda bersama Rheza Danica Ahrens dan Herjun Atna Firdaus dalam perebutan 3 besar klasemen pebalap musim 2023. Calon juara AP250, Rheza dan Herjun akan kembali bersaing hingga race terakhir untuk memperebutkan gelar juara.

Pada seri terakhir ini, Andi Farid Izdihar yang merupakan pebalap lulusan Astra Honda Racing School (AHRS) dan saat ini berjuang bersama Honda Asia-Dream Racing juga berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di negeri Gajah Putih. Pencapaian ini didapatkan setelah berhasil meraih podium pertama pada kelas Asia Superbike 1000cc dengan perjuangan yang keras hingga tikungan terakhir.

Baca Juga: Usai Bekasi, Honda AT Family Day Kunjungi Kota Cirebon

Pada sesi kualifikasi ARRC kelas AP250 yang dilaksanakan pada Sabtu pagi (2/12), Veda telah. menunjukkan kemampuan terbaiknya dengan berhasil menempati posisi pertama dengan catatan waktu tercepat 1:51.528 yang didapatkan pada putaran ketujuh. Catatan baik ini disusul oleh Rheza dengan menempati posisi kedua dengan waktu tercepat 1:51.693, sedangkan Herjun menempati posisi keempat dengan catatan waktu 1:51.894.

Selepas start race pertama pada Sabtu, Veda langsung tancap gas sejak awal balapan dan mampu meninggalkan lawannya hingga berjarak 0,5 detik dari pebalap kedua. Sempat bersaing dengan tiga pebalap lainnya pada lap pertama, Veda berhasil melepaskan diri dan memperlebar jarak sejak lap ketiga hingga akhirnya dapat menyentuh garis finis di posisi terdepan. Herjun yang penuh semangat untuk memperkecil selisih poin dalam perebutan juara kelas AP250, tampil agresif untuk memberikan perlawanan kepada pebalap yang berada di grup. Hingga akhir balapan, Herjun harus puas finis di posisi keempat dan mampu memperkecil jarak menjadi 20 poin dari Rheza.

Perjuangan keras ditujukkan calon juara lainnya yakni Rheza. Selepas start, ia sempat tertinggal dari rombongan terdepan. Fokus menutup musim dengan title juara, Rheza secara perlahan berhasil masuk dalam rombongan pertama saat dua lap terakhir. Persaingan yang ketat dalam perebutan podium dengan pebalap lain membuatnya harus rela finis pada posisi keenam dan membuatnya harus kembali berjuang meraih gelar juara AP250 musim 2023 pada race kedua. Dengan hasil ini, Rheza tetap memimpin klasemen dengan capaian 198 dan disusul oleh Herjun dengan 178 poin pada posisi kedua, serta Veda menempati posisi ketiga dengan 160 poin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here