Selasa, April 30, 2024
BerandaOtomotifKenali Penyebab Klakson Sepeda Motor Tidak Menyala

Kenali Penyebab Klakson Sepeda Motor Tidak Menyala

DESTINASI BANDUNG- Klakson tentunya terdapat di semua sepeda motor. Fungsinya adalah memberikan tanda ketika ada potensi bahaya di jalan raya dan sebagai isyarat kepada pengendara lain tentang keberadaan kendaraan kita. Klakson juga berguna untuk berkomunikasi dengan pengendara lain saat hendak berbelok atau menyalip kendaraan lain.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman menjelaskan, “Penggunaan klakson harus selalu sesuai dengan peraturan, yaitu tidak boleh menyalakannya terlalu keras atau berlebihan. Juga, sebaiknya tidak menyalakannya tanpa alasan yang jelas karena bunyi klakson dapat mengganggu dan membahayakan pengendara lain.”

“Karena pentingnya komponen ini, perawatan yang baik diperlukan agar klakson dapat berfungsi dengan maksimal. Terkadang, klakson mengalami masalah seperti tidak berbunyi saat tombolnya ditekan, atau bunyinya lemah dan tidak normal. Kendala seperti itu bisa diatasi dengan memahami penyebabnya,” ujar Ade.

Baca Juga: Tips Mudik Menggunakan Sepeda Motor Agar Aman dan Nyaman

Berikut beberapa penyebab klakson sepeda motor tidak menyala, diantaranya :
1. Baterai Lemah
Baterai atau aki adalah sumber energi untuk bisa membuat komponen kelistrikan berkerja dengan baik. Maka jika baterai dalam kondisi lemah atau rusak maka akan menyebabkan beberapa komponen kelistrikan tidak berfungsi, termasuk salah satunya klakson.

Kendala ini biasa ditandai dengan suara klakson yang lemah dan kecil ketika menekan tombol klakson, bahkan jika baterainya dalam kondisi rusak, klakson sama sekali tidak berfungsi dengan baik. Mengganti aki atau baterai yang baru adalah solusi yang tepat, agar semua komponen kelistrikan termasuk klakson bisa berfungsi kembali dengan baik.
2. Tombol saklar kotor
Biasanya ditandai dengan klakson yang sama sekali tidak berbunyi ketika tombolnya ditekan, atau berbunyi tidak normal seperti kadang-kadang berbunyi atau tidak. Penyebabnya bisa karena tombol saklar yang rusak atau adanya kotoran pada komponen kelistrikan di dalam saklar.

Langkah pertama adalah dengan memeriksa bagian dalam saklar. Jika terdapat kotoran seperti endapan atau karat, bersihkan saja. Namun, jika saklarnya rusak seperti tombol patah atau terlepas, cukup ganti dengan saklar yang baru.
3. Klakson rusak
Tapi jika tombol pada saklar dalam kondisi baik dan baterainya pun masih prima, penyebab klakson tidak menyala bisa jadi karena komponen klakson yang rusak. Sebelum melakukan diagnosa tersebut, pastikan untuk mengecek terlebih dahulu bagian soket dan kabel pada komponen klakson.
4. Kabel putus
Masalah yang sering terjadi pada komponen kelistrikan selain baterai yang soak adalah kabel yang putus atau soket yang terlepas. Kabel yang putus bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti terpotong atau terkena gigitan hewan pengerat.

Untuk itu, lakukanlah perawatan berkala pada sepeda motor secara menyeluruh, terutama pada bagian kelistrikan termasuk komponen klakson. Lakukan perawatan dan servis di bengkel AHASS agar ditangani oleh mekanik yang handal dan terlatih. Gunakan juga fasilitas booking service untuk menikmati pelayanan tanpa antri.

RELATED ARTICLES

Most Popular