Mahasiswa MBA ITB Kaji Kelayakan Valuasi Bisnis Sarang Burung Walet di Berau

Mahasiswa MBA ITB Kaji Kelayakan Valuasi Bisnis Sarang Burung Walet di Berau.

DESTINASI BANDUNG-Mahasiswa MBA ITB Kaji Kelayakan Valuasi Bisnis Sarang Burung Walet di Berau. Mahasiswa MBA ITB angkatan 60, Arif Widya dengan bimbingan dosen SBM ITB, Yunieta Anny Nainggolan, PhD melakukan studi kelayakan usaha dan perhitungan valuasi bisnis, dari usaha di bidang agrikultur yaitu sarang burung wallet.

Dengan mengambil studi kasus di wilayah Kabupaten Berau Kalimanan Timur. kajian proyek akhir mahasiswa tersebut menggunakan metode analisis kelayakan keuangan, satu sarang burung walet diestimasi dapat bernilai lebih dari 1 Milyar Rupiah.

Di tengah kasus peningkatan COVID-19 di Indonesia, isu kesehatan dan keuangan seakan menjadi buah simalakama bagi semua pihak untuk diutamakan.

Indonesia sendiri telah masuk ke dalam jurang resesi sejak diumumkan pertumbuhan ekonominya masuk ke zona negatif selama dua kuartal berturut-turut di bulan September 2020 yang lalu.

Baca Juga :  Jakarta Butuh Sistem Transportasi Terintegrasi, Ini Saran SBM ITB

Namun berdasarkan data terbaru Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis belakangan ini menunjukkan hal yang menarik.

Sektor pertanian Indonesia menjadi segelintir sektor yang masih menunjukkan pertumbuhan positif, tepatnya 13,98% dibandingkan di tahun 2019.