Dukung Pemasaran Hasil Pendampingan Kelompok Terdampak Bencana, BNPB Ikut Pameran Gebyar Produk Unggulan Pariwisata dan Investasi Daerah di Bandung

Melalui kegiatan pendampingan ini, diharapkan dapat membangkitkan dan memulihkan kembali aktivitas perekonomian masyarakat yang terganggu akibat bencana sehingga dapat memperoleh sumber pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui produk-produk yang dihasilkan.

BNPB berupaya membantu kelompok terdampak bencana di Indonesia agar tetap produktif. Kegiatan yang dilaksanakan adalah pendampingan pascabencana oleh BNPB dengan menggandeng sejumlah mitra perguruan tinggi, terutama perguruan tinggi yang berada di wilayah bencana masif,”ujar Direktur Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi dan SDA, Dra. Andi Eviana, M.Si.

saat mengunjungi stand pameran BNPB dalam Gebyar Produk Unggulan Pariwisata dan Investasi Daerah di Festival Citylink, Bandung, Kamis, 26 Mei 2022.

Kegiatan pendampingan BNPB dengan mitra perguruan tinggi di wilayah pascabencana, ditambahkan Eviana, terdapat beberapa model, disesuaikan kondisi, baik sumber daya alam, sumber daya manusia dan potensi ekonomi yang ada agar dapat dikembangkan oleh kelompok terdampak bencana.

Misalnya, dengan pendekatan partisipatif, pengabdian, kajian need assesment hingga kolaborasi. Hasilnya, kelompok-kelompok masyarakat terdampak bencana di berbagai daerah dapat tetap produktif dengan menghasilkan produk-produk usahanya.