Ekonomi Digital Indonesia Diprediksi Naik Tiga kali lipat pada 2025

Ekonomi Digital Indonesia Diprediksi Naik Tiga kali lipat pada 2025

DESTINASI BANDUNG-Ekonomi Digital Indonesia Diprediksi Naik Tiga kali lipat pada 2025. Ekonomi digital Indonesia diprediksi akan meningkat tiga kali lipat pada 2025 dari $44 M pada tahun 2020 menjadi $124 M pada 2025. Hal itu didukung oleh populasi penduduk Indonesia yang masif dan sudah banyak yang terdigitalisasi.

“Indonesia adalah negara dengan internet economy terbesar dan tercepat di Asia Tenggara,” kata Chief Executive Officer BRI Venture Nicko Widjaja dalam diskusi “The 6th International Conference on Management in Emerging Market (ICMEM) 2021”, Kamis 12 Agustus 2021.

Potensi ekonomi ini akan membawa keuntungan bagi perusahaan rintisan teknologi yang telah memanfaatkan teknologi digital. Misalnya, industri eCommerce yang mendapat manfaat dari kebiasaan belanja daring pelanggan selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Selain itu, kebiasaan untuk pengiriman makanan ke rumah dapat meningkatkan perkembangan perusahaan rintisan aggregator pengiriman makanan.

Baca Juga :  Research Bootcamp 'POSReB' Kontribusi SBM ITB Dalam Pengembangan Keilmuan Bisnis dan Manajemen

Hal serupa diungkapkan Suhaiza Zailani dari University of Malaya. Perusahaan perlu memanfaatkan teknologi digital untuk beradaptasi dengan keadaan pascapandemi Covid-19 untuk menuju bisnis yang bertahan dan berkelanjutan.