Hasil Riset KPI dan Unpad: Program Siaran Informasi Paling Banyak Ditonton

Hasil Riset KPI dan Unpad: Program Siaran Informasi Paling Banyak Ditonton

DESTINASI BANDUNG-Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sebagai regulator penyelenggaraan penyiaran perlu memiliki landasan ilmiah dalam menjalankan fungsi dan wewenangnya.

Yaitu menyusun dan mengawasi berbagai peraturan penyiaran yang menghubungkan antara lembaga penyiaran, pemerintah dan masyarakat.

Oleh karena itu, minat, kepentingan, dan kenyamanan (MKK) masyarakat dalam menonton program siaran televisi menjadi tiga aspek yang harus diukur agar diversity of content dan diversity of ownership bisa terus terjaga.

Hal tersebut seperti tertuang dalam UU RI No. 32 Tahun 2002 tentang penyiaran yang diperbarui dengan pasal 72 UU Cipta Kerja pasal 8 dan 52.

Riset yang dilakukan oleh KPI bekerja sama dengan Universitas Padjadjaran ini, dilaksanakan di tiga wilayah kota di Jawa Barat yaitu Kota Bandung, Cirebon dan Tasikmalaya sejak April hingga September 2021.

Baca Juga :  Konferensi Internasional 'KILIC 2021' Upaya Menduniakan Warisan Bangsa

Riset dilakukan pada responden yang masih menonton televisi, berusia di atas 17 tahun yang sebagian besar berada pada rentang usia 41-60 tahun, berjenis kelamin perempuan, berasal dari etnis Sunda, beragama Islam.