Impor Daging Ayam Brasil Ancam Peternak Ayam Rakyat Gulung Tikar

Destinasi Bandung- Impor Daging Ayam Brasil Ancam Peternak Ayam Rakyat Gulung Tikar. Setelah 3 kali kalah di WTO Undonesia diwajibkan menerima impor ayam dari Brasil dan tidak memiliki alasan lagi untuk menolak “goyangan samba” daging ayam impor dari negeri samba tersebut.

Berdasarkan data data dari beberapa sumber produksi vs konsumsi ayam di Indonesia dalam posisi surplus (oversupply) selama 3 tahun berturut-turut.

Masuknya ayam asing ke Indonesia menjadi tidak tepat, karena supplynya masih melimpah. satu-satu nya yang akan menjadi masalah utama adalah segi teknologi dan efisiensi Brasil membuat hpp dan modal dasar dari ayam brasil lebih murah.

Pemerintah sudah berusaha keras membendung sejak 2014. Namun ini adalah titik klimaksnya. Tidak dapat lagi dibendung Brasil akan memasarkan ayamnya di Indonesia.

Baca Juga :  Pakistan Tertarik dengan Bisnis Fiber Optik PT Borsya Cipta Communica (BCC)

Peternak rakyat akan ditantang dengan masalah baru dimana mereka dengan modal pas-pasan harus meng upgrade kandangnya. Mencari efisiensi lagi supaya lebih murah hpp produksinya.

dr Abbi Angkasa Perdana Darmaputra adalah salah satu contoh dari kumpulan peternak yang tergabung di Bogor hingga Purwakarta. Terdiri dari beberapa peternak kecil kecil bermitra agar mampu efisien patungan beli pakan. Putra dari tokoh peternak ayam nasional bpk H. Tri Hardiyanto (ketua pembina GOPAN (gabungan organisasi peternak ayam nasional) Abbi adalah salah satu potret peternak yang kebingungan. Istilahnya sudah jatuh tertimpa tangga. Setelah belum lama kabar ayam harga hancur hingga 10.000 di level peternak juni lalu sekarang para peternak dibingungkan dengan ayam impor.

Baca Juga :  Tokopedia Berikan Sosialisasi Pemanfaatan Internet ke Siswa SMK