Inilah Etika Melakukan Touring Jarak Jauh Menggunakan Sepeda Motor

Inilah Etika Melakukan Touring Jarak Jauh Menggunakan Sepeda Motor

DESTINASI BANDUNG-Inilah Etika Melakukan Touring Jarak Jauh Menggunakan Sepeda Motor.
Touring menjadi sebuah kegiatan berkendara keluar kota baik dilakukan sendiri maupun secara berkelompok dengan tujuan ke suatu tempat di kota lain.

Saat touring menggunakan sepeda motor, hak dan kewajiban ketika menggunakan jalan umum perlu diperhatikan. Tidak ada alasan untuk mengedepankan ego pribadi, arogansi, dan merugikan pengguna jalan lain.

Banyak teman-teman komunitas sepeda motor kerap melakukan perjalanan touring jarak jauh, untuk sedikit menyegarkan pikiran kembali di akhir pekan ataupun ketika libur panjang.

“Namun melakukan perjalanan jarak jauh secara berkelompok wajib memperhatikan etika dalam berkendara agar tidak mengganggu kenyamanan dan keselamatan pengendara lain,” ujar Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora.

Baca Juga :  7 Tips Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor

Pertama, wajib memperhatikan penggunaan lampu hazard kapan harus digunakan ketika berkendara secara berkelompok. Sesuai dengan UU No. 22 tahun 2009 dan Norma Safety, lampu hazard hanya digunakan dalam situasi darurat dan kondisi berbahaya. “Tidak diperbolehkan digunakan pada kesempatan lain seperti konvoi atau bergerak lurus di perempatan jalan,” ujar Ludhy.