Jaga Performa Mesin Sepeda Motor, Perhatikan Perawatan Ruang Bakar

-Temperatur mesin lebih tinggi karena adanya endapan karbon pada ruang bakar yang ikut terbakar dan dapat menyebabkan pre-ignition sehingga temperatur mesin lebih cepat meningkat.

-Kepala busi menghitam akibat karbon sudah menumpuk dalam ruang bakar dan untuk efek jangka panjangnya akan menyebabkan busi cepat mati.

-Adanya sisa karbon yang menumpuk pada lubang knalpot yang berasal dari residu karbon pada ruang bakar dan terbawa keluar melalui saluran gas buang.

-Bila kondisi karbon pada ruang bakar sudah cukup parah dapat menyebabkan loss kompresi (mogok). Banyaknya endapan karbon yang menumpuk pada ruang bakar akan membuat intake valve ataupun exhaust valve tidak dapat menutup dengan rapat, dan dapat menyebabkan hilangnya kompresi pada ruang bakar.

-Keluarnya asap hitam dari knalpot saat melakukan akselerasi pada rpm tinggi karena tumpukan karbon yang berasal dari ruang bakar ikut keluar melalui saluran gas buang.
 
Untuk itu perlu dilakukan perawatan ruang bakar motor yaitu :
 
– Menggunakan bahan bakar sesuai anjuran dari pabrikan.
– Penggunaan oli yang sesuai spesifikasi.
– Service berkala secara rutin.
– Gunakan produk carbon cleaner yang direkomendasikan untuk membersihkan dan melindungi ruang bakar dari endapan karbon sisa pembakaran.
 
Produk yang direkomendasikan seperti Yamalube Carbon Cleaner merupakan cairan pembersih sisa karbon pada ruang bakar dengan Poly Ether Amine untuk mengembalikan tenaga motor seperti baru kembali.