Kemitraan Budidaya Lebah Madu Klanceng PT Mahakarya Berkah Berkah Madani (MBM) Tetap Eksis Dimasa Pandemi Covid-19

Selain itu, madu dari lebah Klanceng Trigona ini sangat disarankan bagi para penderita diabetes mellitus atau kencing manis. Menurut hasil penelitian 100 gram madu klanceng memiliki energy yang setara dengan 50 butir telur ayam.

“Dengan kandungan yang dimiliki, madu klanceng banyak dipergunakan oleh industri obat-obatan dan kosmetika baik dalam dan luar negeri, “ujarnya.

Karena memiliki banyak manfaat, harga madu klanceng pun cukup tinggi, bahkan permintaanya pun semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Oleh karena itulah PT. Mahakarya Berkah Madani menjalin kemitraan dengan masyarakat untuk membudidayakan lebah madu klanceng ini.

Mada menambahkan, Masyarakat yang berminat membudidayakan lebah madu klanceng trigona, bisa membeli 1 stup bibit lebah madu klanceng seharga Rp.1,2 juta.

Baca Juga :  Bukalapak & Pemprov Jabar Kerjasama Peningkatan Layanan Publik

“Setelah masa pemeliharaan lebah selama empat bulan, madu klanceng yang dihasilkan akan dibeli oleh PT. Mahakarya Berkah Madani dengan keuntungan bagi pembudidaya sebesar Rp. 400.000,- untuk setiap stup, “ujarnya.

Dengan perjanjian diatas materai PT. MBM menjamin akan membeli setiap tetes madu klanceng yang dihasilkan oleh mitranya.