Marketing Tourism Berperan Terhadap Masyarakat yang Terdampak Dimasa Pandemi Covid-19

Marketing Tourism Berperan Terhadap Masyarakat yang Terdampak Dimasa Pandemi Covid-19

DESTINASI BANDUNG-Marketing Tourism Berperan Terhadap Masyarakat yang Terdampak Dimasa Pandemi Covid-19. Fenomena virus Covid-19 telah menjadi bencana non alam yang muncul pada awal tahun 2020. Berbagai cara terus dilakukan dalam mengatasi penyebaran virus covid-19, namun disisi lain dampak dari virus Covid 19 juga menimbulkan masalah baru.

Salah satu faktor yang terdampak adalah Sektor Pariwisata. dimana, Sektor Pariwisata merupakan sektor industri yang paling terpukul terkait perannya sebelum pandemik ini dicanangkan sebagai Lokomotif Perekonomian baik di level Nasional ataupun Jawa Barat .

Pariwisata sangat erat kaitannya dengan SDG’s. Organisasi Pariwisata Dunia PBB menyatakan bahwa Pariwisata merupakan bagian dari Sustainable Developmen Goals Dalam konteks inilah marketing tourism menjadi sangat penting untuk membangun keberlanjutan serta dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat.

Baca Juga :  Qasir Bersinergi dengan Grab Sediakan Layanan bagi Usahawan Mikro di Tengah Pandemi

Konsep Marketing sebetulnya mengadopsi konsep Sustainability, makanya dikenal istilah Sustainability Marketing Enterprise (SME),yakni model pemasaran yang digunakan dalam menghadapi perubahan pasar yang semakin komplek dan komprehensif, dimana penerapan Sustainability marketing ini perusahaan harus mampu memuaskan tidak saja hanya Customer sebagai Commercial Market,tapi juga Employees sbg Competensi Market, Shareholders dan Investor sebagai Capital Market, dan terutama Masyarakat dan Lingkungan sebagai Social Market.