Mau Sukses Berbisnis Kuliner di Tengah Pandemi? Begini 3 Langkahnya

Selama Bulan Ramadhan, Usaha Kuliner, Cafe dan Restoran di Kota Bandung Beroperasi Sampai Pukul 23:00 WIB

DESTINASI BANDUNG-Mau Sukses Berbisnis Kuliner di Tengah Pandemi? Begini 3 Langkahnya

PPKM darurat yang diberlakukan mulai Juni lalu memang memberikan dampak yang sangat signifikan untuk para pelaku bisnis kuliner di Indonesia.

Pusat perbelanjaan ditutup operasionalnya, penutupan akses transportasi umum, hingga tempat makan yang tidak diperbolehkan menerima pelanggan dine-in.

Hal ini secara langsung mempengaruhi pemasukan dari beragam industri bisnis, tidak terkecuali bisnis kuliner seperti restoran.

Berdasarkan data dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), sepanjang tahun 2020 sebanyak 1.033 restoran resmi tutup secara permanen di Indonesia.

Jika kita tarik kondisi industri kuliner ke periode sebelum pandemi, masih banyak yang menggantungkan transaksi harian dari dine-in.

Baca Juga :  Sequis Dorong Perempuan Indonesia Miliki Asuransi Jiwa

Kalaupun sudah menggunakan pemesanan online, biasanya masih banyak yang hanya mengoptimalkan pemesanan eksklusif melalui WA atau media sosial.

Tentunya dibutuhkan adaptasi yang cepat dengan mengimplementasikan beragam solusi terkini, agar pelaku bisnis bisa mempertahankan usahanya.

Nah, langkah-langkah apa saja yang sebaiknya diambil? Berikut beberapa tips yang dirangkum oleh tim OttoPoint, penyedia layanan loyalitas pelanggan: