Mengenal Fungsi Filter Oli, Salah Satu Perawatan Penting pada Sepeda Motor

Mengenal Fungsi Filter Oli, Salah Satu Perawatan Penting pada Sepeda Motor

DESTINASI BANDUNG-Sebagai pemilik sepeda motor, kita wajib melakukan perawatan secara rutin dan tepat untuk menjaga performa tetap optimal sekaligus menghindari biaya perawatan yang lebih besar. Seperti halnya penggantian filter oli yang seringkali diabaikan, padahal komponen ini turut menjaga performa dan durabilitas mesin sepeda motor.

Selain peran utama oli yang penting sebagai pelumas mesin sepeda motor, filter oli juga memiliki peran penting untuk menjaga kondisi oli tersebut tetap bersih.

Fungsi utama filter oli ini menyaring partikel-partikel dan benda asing yang tercampur pada oli mesin. Saat mesin bekerja secara normal, oli akan bekerja melumasi setiap komponen dalam mesin, seiring berjalannya waktu oli mesin akan menjadi kotor karena tercampur partikel logam, seperti gram-gram sisa gesekan antar part dan karbon sisa pembakaran di mesin.

Maka jika filter oli sudah dalam batas waktu penggantian atau kotor, kemampuan untuk menyaring partikel-partikel dan benda asing pada oli akan berkurang, sehingga oli akan tercampur dengan kotoran.