Platform Fintech Milik Alibaba, Akulaku, Raih Pendanaan 10 Juta Dolar AS dari Lend East

Platform Fintech Milik Alibaba, Akulaku, Raih Pendanaan 10 Juta Dolar AS dari Lend East

DESTINASI BANDUNG -Platform Fintech Milik Alibaba, Akulaku, Raih Pendanaan 10 Juta Dolar AS dari Lend East

Akulaku, platform perbankan dan keuangan digital terkemuka di Asia Tenggara, mendapatkan pendanaan sebesar 10 juta dolar AS atau setara dengan Rp 143 miliar (kurs Rp 14.300) dari Lend East. Sebagai startup unicorn, Akulaku akan menggunakan dana tersebut untuk terus mengembangkan dan meningkatkan portofolio kredit di target pasar utama mereka, yaitu Indonesia, Filipina, dan Thailand.

Akulaku membidik konsumen yang belum memiliki rekening (underbanked) di negara-negara berkembang dengan mengalami pertumbuhan pesat perbankan digital, kredit konsumen, investasi digital, dan layanan pialang asuransi. Didirikan tahun 2014, Akulaku adalah salah satu perusahaan fintech pinjaman (pinjaman online) konsumen pertama yang didirikan di Indonesia. Di Indonesia, Akulaku menawarkan dua fitur yaitu “beli sekarang, bayar nanti” (Buy Now, Pay Later/BNPL) dan kredit konsumen.

Pada 2021, Akulaku telah menyalurkan kredit lebih dari 2,2 miliar dolar AS kepada lebih dari 10 juta pengguna. Selain layanan BNPL, Akulaku menggabungkan platform wealth management, e-commerce, dan perbankan digital sehingga dapat meningkatkan total pendapatan perusahaan sebesar 120% menjadi 598 juta dolar AS.