Talkwalker Sorot Brand di Indonesia dengan Marketing Campaign Bertema Ramadan dan Idul Fitri yang Inspiratif

Talkwalker Sorot Brand di Indonesia dengan Marketing Campaign Bertema Ramadan dan Idul Fitri yang Inspiratif

DESTINASI BANDUNG-Talkwalker Sorot Brand di Indonesia dengan Marketing Campaign Bertema Ramadan dan Idul Fitri yang Inspiratif.

Seiring memasuki pekan ketiga Ramadan, persiapan menyambut Idul Fitri oleh brand (merek) maupun konsumen pun semakin marak terlihat. Saat untuk refleksi diri, kasih sayang, berbagi dengan sesama, serta berkumpul dengan keluarga dan orang-orang terkasih, Idul Fitri menjadi momen bagi brand di Indonesia untuk menuangkan kreativitas dan terlibat dengan konsumen. Sejumlah marketing campaign yang memotret tema-tema utama perayaan Idul Fitri pun dilakukan seraya mengangkat nilai-nilai yang bisa mendekatkan brand dengan konsumen.

Talkwalker, perusahaan consumer intelligence no #1 yang didedikasikan untuk membantu brand semakin dekat dengan konsumen, mengamati beberapa contoh marketing campaign dari brand di Indonesia sepanjang 2021-2022. Kampanye dari sejumlah brand di Indonesia ini dengan sangat baik merangkum nuansa Ramadan dan Idul Fitri.

1. Grab Indonesia – Bisalah Ramadan Lancar Jaya
Dalam video iklan tersebut, Grab Indonesia mempromosikan layanan dan diskon dengan konsep yang ringan dan lucu. Kita melihat empat kru pesawat ruang angkasa yang diserang oleh alien, lalu kehilangan santapan untuk sahur dan berbuka, sekaligus parsel Idul Fitri. Untungnya, karena pengantaran dari Grab, kru pesawat dapat menyetok kembali suplai makanan mereka dengan cepat. Marketing campaign ini mendapat sambutan luar biasa, dengan jumlah penonton video di YouTube mencapai 6,8 juta. Dengan menampilkan makanan, barang kebutuhan sehari-hari serta layanan pengantaran paket melalui narasi fiksi ilmiah yang unik, tak heran kalau kampanye ini sangat memikat konsumen.

2. Downy Spesial Ramadan 2022 – The Power of a Hug
Di video ini, kita melihat seorang ayah berusia lanjut tak lagi mengenali anak laki-lakinya setelah terpisah selama 2 tahun, namun dengan kekuatan pelukan, ia berhasil mengingat kembali. Melalui kampanye ini Downy menyoroti dua hal penting dalam tema Lebaran, yaitu cinta dan keluarga. Video dari Downy Indonesia ini tak lekang waktu, khususnya di tengah pelonggaran aturan perjalanan domestik di Indonesia sehingga tahun ini masyarakat bisa mudik dan berkumpul kembali dengan orang-orang terkasih.

Berdasarkan pengamatan di Talkwalker, dapat dilihat bahwa persentase sentimen positif dan negatif seputar mudik cukup sebanding. Sebagian warga gembira dengan diperbolehkannya mudik setelah 2 tahun pembatasan perjalanan, sementara sebagian lagi mengungkapkan rasa frustasinya berkaitan dengan keharusan vaksinasi bagi warga yang ingin mudik Lebaran.

3. IM3 – Alunan Temu #KembaliSilaturahmi
Video bertema Lebaran dari penyedia layanan internet IM3 ini sangat disukai oleh konsumen. Hal ini terlihat dari jumlah penonton video di YouTube yang mencapai 20 juta dalam 7 hari. Video iklan ini memiliki semua elemen yang dibutuhkan untuk mendapatkan kampanye marketing Lebaran yang sukses. Video ini menyentuh hati penonton melalui cerita tentang kegembiraan tiga sahabat yang pulang ke kampung halamannya untuk merayakan Lebaran bersama, setelah terpisah karena adanya pembatasan selama pandemi Covid-19. Ditambah lagi, iringan lagu Alunan Temu yang dibawakan oleh Isyana Sarasvati, Hindia dan Bilal Indrajaya turut membuat penonton terlarut dalam pesan yang disampaikan.

4. OPPO Indonesia – Kebersamaan Baru di Ramadan
Melalui film pendek dari OPPO Indonesia ini, kita melihat keluarga berkumpul untuk merayakan kegimbaraan Ramadan dan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dengan menggunakan beragam produk OPPO. Kampanye ini merangkum tema-tema kunci seperti keluarga dan kebersamaan, sambil memperlihatkan hal-hal yang dapat mendekatkan keluarga dengan menggunakan beragam gadget OPPO.